Tugas 2


Haloo anak-anak, selamat siang.. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu sehat, dan masih betah tinggal dirumah. Ingat jaga kebersihan dan jaga kesehatan dengan cara berolahraga pagi, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Kalaupun kalian terpaksa harus keluar rumah, ingat pakai masker dan jaga jarak yaa.. Semoga wabah corona ini bisa segera berakhir dan teratasi dengan baik.
Baiklah, melanjutkan pembelajaran kita minggu kemarin dengan topik memasukkan bukti transaksi, kalian tentu sudah membaca artikelnya dan mengamati video tutorialnya bukan? Menurut kalian bagaimana? Sudah tepat belum antara yang ibu sajikan di artikel dengan videonya?? Jadi pada beberapa bagian video, ibu memang sengaja membuat berbeda.
Nah, untuk itu minggu ini ibu kalian berikan tugas untuk menuliskan minimal 5 perbedaan yang terdapat pada artikel dan video. Perbedaan ini kalian buat dengan kalimat yang jelas, dan langsung kalian ketikkan pada kolom comment di bawah ini. Ingat juga untuk mengisi identitas kalian yaa..

Note: Ibu tidak menerima media pengumpulan tugas selain pada kolom comment dibawah.
             Paling lambat ibu terima tanggal 17 April 2020. Selamat mengerjakan anak-anak!!

Komentar

  1. Nama : I Kadek Ari Anggara Putra
    No : 09
    Kelas : XI AKKL 2
    Setelah saya mengamati antara artikel dengan video tersebut, ada beberapa perbedaan yang dapat saya ambil yaitu :
    1. Periode dari siklus tersebut, seperti yang kita lihat bahwa pada artikel periode akuntansi nya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan ribuan
    3. Di dalam video tidak ada keterangan pada kolom comment yang dimana memuat nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam artikel memuat hal tersebut
    4. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    5. jika dalam artikel kita dianjurkan untuk menampilkan jurnal dahulu untuk mengecek kebenarannya ( CTRL + R), sedangkan dalam video bagian ini tidak di isikan.
    6. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, dalam video pada kolom journal memo, kata tambahan RETURN tidak diisikan, padahal seharusnya diisi seperti di artikel, untuk merinci transaksi.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas khususnya dok 6, dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan.
    8. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan dari customer atau supplier tidak lengkap hanya berisi nama perusahaan saja, sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap baik nama, maupun alamat.
    9. Pada saat pengeluaran khas, khusunya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    10. Pada dokumen transaksi no 19, jumlah amount dan keterangan/ memonya berbeda antara video dgn artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job. The capacity to learn is a gift, the ability to learn is a skill, the willingness to learn is a choice.

      Hapus
  2. Nama : Ni Ketut Ariswari
    No : 20
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    4. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect. You learn something every day if you pay attention.

      Hapus
  3. Nama :Ni Made Verayanti
    No : 28
    Kelas : XI AKKL 2

    Perbedaan yang terletak pada vidio dan artikel yang ibu berikan adalah :
    1. Perbedaan dok 1-pengeluaran kas/bank adalah, perbedaan pertama terletak pada bagian cheque account jika di video berisi 1/2/VKK sedangkan pada artikel berisi VKK12-01. Perbedaan kedua terletak pada bagian tanggal/date jika di video berisi 01/12/2017 sedangkan pada artikel berisi 01/12/2011. Perbedaan ketiga pada bagian memo jika di video tidak berisi apa apa sedangkan pada artikel berisi keterangan kopi,gula,teh.
    2. Perbedaan dok 2-pembayaran pajak adalah, yang pertama terletak pada bagian cheque number jika di video berisi 1/12/CDV sedangkan pada artikel berisi Cd-12-01. Perbedaan kedua terletak pada bagian tanggal peyee jika di video tidak berisi apa apa sedangkan pada bagian artikel berisi kas negara. Perbedaan ketiga terletak pada memo jika di video diisi keterangan pembayaran pajak sedangkan pada artikel diisi keterangan pelunasan SPT masa bulan november 2011. Perbedaan keempat pada bagian memo(table) jika di video tidak berisi apa apa sedangkan pada artikel berisi keterangan PPh pasal 21 kurang, PPh kurang bayar, angsuran PPh 25.
    3. Perbedaan dok 3 penjualan kredit adalah, yang pertama terletak pada bagian tanggal jika di video berisi 5/12/2017 sedangkan di artikel berisi 5/12/2011. Perbedaan kedua terletak pada bagian comment jika di video tidak berisi apa apa sedangkan di artikel berisi karena dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan.
    4. Perbedaan pada dok 5-pembelian adalah , yang pertama pada bagian tanggal jika di video berisi 05/12/2017 sedangkan di artikel berisi 05/12/2011. Perbedaan kedua terletak pada bagian comment jika di video tidak diisi apa apa sedangkan di artikel berisi.
    5. Perbedaan pada dok 7-pembayaran utang adalah, peebedaan pertama terletak pada bagian cheque number jika di video berisi 3/12/CDV sedangkan pada artikel diisi CD/12/11. Perbedaan kedua terletak pada bagian tanggal jika di video berisi 9/12/2017 sedangkan di artikel berisi 9/12/2011.
    6. Perbedaan pada dok 9-penerimaan pembayaran adalah, yang pertama jika di video berisi 1/12/CRV sedangkan di artikel CR-12-01. perbedaan kedua terletak pada bagian tanggal jika di video berisi 13/12/2017 sedangkan di artikel 13/12/2011.
    7. Perbedaan pada dok 14-retur pembelian kredit adalah, yang pertama pada bagian purchase# adalah jika di video berisi IF-12-99 sedangkan di artikel PR-12-99. Perbedaan kedua pada bagian supplies invoice number jika di video tidak diisi apa apa sedangkan di artikel berisi IF-12-99. Perbedaan ketiga pada bagian journal memo jika di video tidak ditambahkan return sedangkan di artikel ditambahkan return. Perbedaan keempat terletak pada bagian ID# jika di video berisi PR-12-99 sedangkan di artikel DT/14.
    8. Perbedaan pada dok 17-retur penjualan kredit adalah, perbedaan pertama pada bagian invoice# jika di video berisi PB-12-03 sedangkan di artikel berisi PR-12-02. Perbedaan kedua pada bagian journal memo jika di video tidak ditambah return sedangkan di artikel ditambahkan return. Perbedaan ketiga pada bagian tanggal jika di video berisi 24-12-2017 sedangkan di artikel berisi 24/12/2011.
    Sekian perbedaan yang dapat saya sampaiakan dari vidio dan artikel yang ibu berikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus
  4. Nama : Ni Putu Eka Sri Juniantari
    No. Absen : 30
    Kelas : XI AKKL 2

    Adapun beberapa perbedaan yang saya dapatkan antara di video dengan di artikel antara lain sebagai berikut.
    1). Pada dokumen transaksi 1, di video Cheque Nomornya adalah 1/12/VKK, sedangkan di artikel Cheque Nomornya adalah VKK12-01.
    2). Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    3). Pada dokumen transaksi 1, di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    4). Pada dokumen transaksi 1, di video pada kolom memo tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel pada kolom memo berisi keterangan yaitu kopi, gula, teh.
    5) Pada dokumen transaksi 2, di video pada kolom memo keterangan adalah pembayaran pajak, sedangkan di artikel pada kolom memo keterangan adalah pelunasan SPT Massa bulan November 2011.
    6) Pada dokumen transaksi 3, di video pada kolom comment tidak berisi keterangan apapun, sedangkan di artikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321.
    7) Pada dokumen transaksi 5, di video kolom Ship to berisi nama tokonya saja yaitu PT QUADRA PUTRA, sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama toko dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl. Cempaka No.6 Jakarta.
    8)Pada dokumen transaksi 14, di video kolom supplier inv tidak berisi suatu keterangan apapun, sedangkan di artikel kolom supplier inv berisi keterangan yaitu IF-12-99.
    9) Pada dokumen transaksi 14, di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.
    10). Pada dokumen transaksi 21, di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065, sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, the more you that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.

      Hapus
  5. Nama : Ni Kadek Della
    No. : 16
    Kelas. : AKKL 2
    Perbedaan yang ada pada artikel dengan video memasukkan bukti transaksi:
    1. Pata transaksi pertama,perbedaan dari periode yang digunakan yang dimana pada artikel menggunakan periode 1/12/2011 sedangkan pada video menggunakan 1/12/2017
    2. Pada transaksi kedua, perbedaannya yaitu pada artikel kolom paye diketik kas negara dan pada bagian memo berisi informasi tambahan berupa PPh 21 kurang dan PPh kurang bayar PPh angsuran 25 sedangkan pada video dibagian paye dan memo tidak berisi
    3. Pada transaksi ketiga berisi perintah CTRL R untuk melihat efek jurnalnya sedangkan pada video tidak berisi
    4. Pada transaksi ke 5 yaitu pembelian kredit pada artikel purchase # : diisi dengan nomor faktur (MK-12-19) sedangkan pada video purchase # : diisi dengan nomor faktur yang berbeda yaitu PB-1201
    5. Pada transaksi ke 5 juga terdapat perbedaan yang dimana pada artikel pada comment diisi dengan nomor faktur pajak dari pembelian sedangkan pada video tidak
    6. Pada transaksi ke 6 terdapat perbedaan yaitu pada arikel terdapat 3 expense payable yang bersumber dari gaji karyawan bulan nov, listrik bulan nov, dan telepon & internet sedangkan pada video hanya ada satu akun expense payable
    7. Pada transaksi nomor 14 yang merupakan transaksi retur pembelian dalam artikel pada bagian Jurnal Memo Ditambahkan kata " RETURN" sedangkan oada video tidak
    8. Pada transaksi nomor 13 terdapat perbedaan pada memo yang dimana pada artikel memo : pembelian meterai 30 lembar sedangkan pada video memo : pembelian keperluan dapur
    9. Pada transaksi nomor 20 terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance : 2.362.225.000 sedangkan pada video jumlah balancenya 2.442.225.000
    10. Pada transaksi nomor 24 terdapat perbedaan pada bagian ship to dari artikel yaitu : PT QUANDRA PUTRA Jl. Cempaka No. 6 Jakarta sedangkan pada video ship to : PT QUANDRA PUTRA
    11. Pada transaksi nomor 24 pada video saat melakukan record muncul data " Myob has detected that this Supplier does not have an ABN recorded in the Card file. It is recommended that a " No ABN/TFN" type tax code of 46% be applied to the lines of this purchase order. Would you like to change the tax code use? Dan pada video mengklik pilihan No , sedangkan pada artikel tidak berisi

    BalasHapus

  6. Nama : Ni Luh Devi Sintiawati
    Nomor : 24
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari analisa yang saya lakukan pada artikel dan video saya dapat menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan
    4. Pada artikel kita dianjurkan agar menekan CTRL+R untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    6. Pada dokumen transaksi nomor 6 yaitu jurnal pengeluaran kas. Pada artikel beban² dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada videonya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada transaksi pengeluaran kas khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak diisi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel, kolom payee ini sudah diisi.
    9. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan beserta alamatnya. Sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaannya saja.
    10. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  7. Nama: Ni luh ria senja peatiwi
    No :25
    Kelas : XI akkl2
    Perbedaan yang terletak di vidio dengan yang ada di artikel antara lain:
    1) pada dokumen transaksi 1 ,di vidio kolam date menujukkan tanggal 1/12/2017 sedangkan di artikel menunjukkan 01/12/2011
    2) Di dokumen transaksi 1 diatikel ditambahkan memo yaitu gula,kopi dan teh sedangkan di vidio dikosongkan
    3) amount yang ada di dokumen transaksi 1 vidio sebesar Rp.150,- sedangkan di artikel Rp.150.000,-jadi yang di Vidio menggunakan satuan ribuan sedangkan di artikel menggunakan jutaan
    4) payee yang ada di dokumen transaksi 1 artikel berisi penerimaan uang alfa mart sedangkan di vidio di kosongkan
    5) Pada dokumen transaksi 1,di vidio cheque nomor buktinya adalah 1/12/VKK sedangkan di artikel cheque nomor buktinya adalah VKK12-01
    6) di dokumen taransaksi 2 ,cheque nomor di artikel yaitu CD-12-01 sedangkan di vidio 1/12/CD
    7) .paye yang ada di dokumen transaksi 2 payee yang ada di artikel berisi kas negara sedangkan di vidio tidak berisi( kosong)
    8) pada dokumen transaksi 3 tanggal yang di vidio dengan yang di artikel berbeda dan di artikel berisi keterangan dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak pada penjual ke pada pelangan
    9) di vidio kita tidak dianjurkan untuk menekan CTRL+ R untuk mengecek kebenaran jurnal sedangkan di artikel dianjurkan untuk menekan tombol tersebut
    10) pada dokumen transaksi nomor 21 di vidio dan di artikel jumlah balance berbeda di vidio sebesar Rp. 2.590.065 sedangkan di artikel yaitu sebesar Rp. 2.510.065.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, study while others are sleeping; work while others are loafing; prepare while others are playing; and dream while others are wishing.

      Hapus
  8. Nama : Putu Eka Sinta Dewi
    No : 34
    Kelas: Xl AKKL 1
    Setelah saya mengamati dan menganalisa antara artikel dengan video terdapat beberapa perbedaan
    antara lain :
    1. Dapat dilihat pada periode akuntansinya, dimana pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan dalam video periode akuntansinya 1/12/2017.
    2. Pada dokumen transaksi pertama pengeluaran kas/bank, terdapat beberapa perbedaan, yang pertama pada cheque no dimana dalam artikel diisi dengan VKK12-01, sedangkan dalam video diisi 1/12/VKK, Yang kedua Amount dimana pada artikel berjumlah 150.000 sedangkan dalam video diisi 150,00, Yang ketiga payee dimana dalam artikel diisi dengan Alfa Mart, Sedangkan dalam video tidak diisi.
    3. Pada dokumen transaksi kedua Pembayaran pajak, pada artikel payee diisi dengan Kas Negara, sedangkan dalam video tidak diisi. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak, sedangkan dalam artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    4. Pada artikel Berisi keterangan pada kolom comment yang dimana bersikan nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam video tidak berisikan hal tersebut.
    5. Pada dokumen transaksi lima Pembelian kredit, dimana dalam artikel bagian Purchase# diisi dengan no faktur M-12-99, sedangkan pada video diisi dengan no faktur PB-12-01.
    6. Pada dokumen transaksi ke enam pengeluaran kas/bank dimana pada artikel beban-beban dirinci dan di payee berisi keterangan, Sedangkan pada video semua beban dijadikan satu dan payee tidak diisi.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam artikel kolom jurnal memo, kata tambahan return diisikan, sedangkan dalam video kolom jurnal memo, tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada dokumen transaksi sembilan belas Pengeluaran kas/bank, dimana amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda, Pada artikel tertera 180.000 sedangkan dalam video tertera 120.000
    9. Pada dokumen transaksi 21 Penerimaan pembayaran, dimana dalam video dan artikel jumlah balance berbeda, pada artikel sebesar Rp 2.510.065, sedangkan di video sebesar Rp 2.590.065.
    10. Pada artikel dimana kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada video bagian tersebut tidak diisikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, if you have courage to begin, you have courage to success.

      Hapus

  9. Nama:i gede wahyu artha kusuma
    No:03
    Kls:XI akll 1
    Setelah saya lihat,analisis antara di artikel dan di youtube youtube saya menemukan ada beberapa perbedaan yaitu:
    1. Dapat dilihat perbedaan nya terletak pada periode akuntansinya/ tahunnya saja yang beda, dimana pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan dalam youtube periode akuntansinya 1/12/2017.
    2. Pada dokumen transaksi pertama pengeluaran kas/bank, terdapat beberapa perbedaan, yang pertama pada cheque no dimana dalam artikel diisi dengan VKK12-01, sedangkan dalam youtube diisi 1/12/VKK, Yang kedua Amount dimana pada artikel berjumlah 150.000 sedangkan dalam youtube diisi 150,00,yang artinya dalam artikel itu ribuan dan dalam youtube itu rupiah Yang ketiga payee dimana dalam artikel diisi dengan Alfa Mart, Sedangkan dalam youtube tidak diisi.
    3. Pada dokumen transaksi kedua Pembayaran pajak, pada artikel payee diisi dengan Kas Negara, sedangkan dalam youtube tidak diisi. Dan dalam youtube memo diisi dengan pembayaran pajak, sedangkan dalam artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    4. Pada artikel Berisi keterangan pada kolom comment yang dimana bersikan nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam youtube tidak ada keterangan seperti itu.
    5. Pada dokumen transaksi lima Pembelian kredit,letak perbedaannya terletak pada no faktur,kalau di artikel no fakturnya nya M-12-99 sedangkan di youtube no fakturnya PB-12-01
    6. Pada dokumen transaksi ke enam pengeluaran kas/bank dimana pada artikel beban-beban dirinci dan di payee berisi keterangan, Sedangkan pada youtube semua beban dijadikan satu dan payee tidak diisi.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam artikel kolom jurnal memo, kata tambahan return diisikan, sedangkan di youtube kolom jurnal memo, tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada dokumen transaksi sembilan belas Pengeluaran kas/bank, dimana amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan youtube berbeda, Pada artikel tertera 180.000 sedangkan dalam youtube tertera 120.000
    9. Pada dokumen transaksi 21 Penerimaan pembayaran, dimana dalam youtube dan artikel jumlah balance berbeda, pada artikel sebesar Rp 2.510.065, sedangkan di youtube sebesar Rp 2.590.065.
    10. Pada artikel dimana kita diingatkan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada youtube bagian tersebut tidak diisikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, there is no elevator to success, you have to take the stairs.

      Hapus

  10. Nama. : Ni Kadek Suantari
    Nomor : 19
    Kelas. : XI AKKL 1
    Dari hasil analisa yang telah saya lakukan pada artikel dan video tersebut saya menemukan beberapa perbedaan yakni sebagai berikut :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya,, pada artikel ditujukan pada periode 1/12/2011, sedangkan pada video ditunjukkan periode 1/12/2017
    2. Adanya perbedaan penulisan no bukti transaksi,seperti pada artikel dokumen 5 penulisan dokumen transaksi nya adalah MK-12-99 sedangkan pada video penulisan dokumen transaksi nya adalah PB-12-01. Selain itu ada juga pada dokumen 1 penulisan dokumen transaksi nya adalah VKK/12/1 untuk di artikel sedangan pada video penulisan transaksi nya adalah 1/12/VKK
    3.Pada dokumen transaksi kedua Pembayaran pajak, pada artikel payee diisi dengan Kas Negara, sedangkan dalam video tidak diisi. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak, sedangkan dalam artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    4. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    5. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo, kata return diisikan sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    6. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap berisi nama perusahaan beserta alamatnya. Sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaannya saja.
    7. Pada artikel khususnya penjualan maupun pembelian pada kolom comment berisi angka- angka yang memuat nomor faktur pajak sedangkan pada video tidak diisi
    8. Pada transaksi pengeluaran kas khususnya dokumen 6, dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan.
    9. Pada dokumen 11, invoice no pada artikel diisi sedangkan pada video tidak diisi.
    10. Pada artikel dimana kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada video bagian tersebut tidak diisikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, A person who never made a mistake never tried anything new – Albert Enstein.

      Hapus
  11. Nama : Ida Bagus Agung Pranadhitya
    No : 13
    Kelas : XI AKKL 2

    Beberapa perbedaan yang saya lihat dan dapatkan antara di video youtube dengan di artikel antara lain adalah sebagai berikut.
    1). Pada dokumen transaksi 1, di video Cheque Nomornya adalah 1/12/VKK, sedangkan di artikel Cheque Nomornya adalah VKK12-01.
    2). Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    3). Pada dokumen transaksi 1, di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    4). Pada dokumen transaksi 1, di video pada kolom memo tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel pada kolom memo berisi keterangan yaitu kopi, gula, teh.
    5) Pada dokumen transaksi 2, di video pada kolom memo keterangan adalah pembayaran pajak, sedangkan di artikel pada kolom memo keterangan adalah pelunasan SPT Massa bulan November 2011.
    6) Pada dokumen transaksi 3, di video pada kolom comment tidak berisi keterangan apapun, sedangkan di artikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321.
    7) Pada dokumen transaksi 5, di video kolom Ship to berisi nama tokonya saja yaitu PT QUADRA PUTRA, sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama toko dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl. Cempaka No.6 Jakarta.
    8)Pada dokumen transaksi 14, di video kolom supplier inv tidak berisi suatu keterangan apapun, sedangkan di artikel kolom supplier inv berisi keterangan yaitu IF-12-99.
    9) Pada dokumen transaksi 14, di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.
    10). Pada dokumen transaksi 21, di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065, sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.
    Itu adalah perbedaan yg saya dapatkan antara di video youtube dengan artikel. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, determination today leads success tomorrow.

      Hapus
  12. Nama : Ni Wayan Sudiartini
    No : 32
    Kelas : XI AKKL II
    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain sebagai berikut :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada youtobe periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada youtobe tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada youtobe hanya berisi nama perusahaannya saja.
    11.total amount pada artikel no 4 berbeda dengan artikel YouTube 275.000 namun artikel 235.000
    12. Ship to pada pembelian kredit pada youtobe tidak berisi alamat perusahaan namun artike berisi alamat perusahaan lengkap
    13.pada artikel penerimaan pembayaran kolomnya itu berbeda YouTube berisi invoice # tetapi artikel berisi cust po#
    14.pada artikel transaksi no 23 tersebut beda tanda pada nominal dimana YouTube berisi tanya (-) tetapi di artikel berisi tanda ()
    15.dimana di artike berisi perintah record tetapi ada beberapa transaksi di video YouTube tidak di record tetapi langsung di cancel
    16.pada transaksi retur pembelian kredit dimana supplier inv # di youtobe tidak ada namun artikel berisi .
    17. Pada retur penjualan kredit dimana amount applied YouTube tidak berisi tetapi di artikel berisi amount applied.
    18. Perbedaan yang lain terletak pada nominal balance yang berada di transaksi no 20 dan 21 dimana YouTube lebih besar hasil balancenya tetapai di artikel hasilnya lebih kecil seperti transaksi no 20 youtobe 2.442.225.000 sedangakan artikel 2.362.225.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, keep running though haunted by fatigue, keep learning despite being approached by boredom, because the things we do for sure there will always be obstacles that hinder.

      Hapus
  13. Nama : Kadek Dia Pandia Sawitri
    No : 08
    Kelas : XI AKKL 1

    1. Perbedaan terlihat dari periode(tahun) yang digunakan, pada artikel periode yang digunakan adalah periode 2011 sedangkan pada vidio periode yang di gunakan adalah 2017

    2. Transaksi pengeluaran kas/bank pada artikel lebih lengkap dari pada vidio yang dimana pada artikel berisi memo sedangkan pada vidio tidak, cheque no juga berbeda misalnya pada dokumen 1. Cheque no diisi VKK12-01 pada vidio diisi 1/12/VKK,

    3. Pada dokumen 3 (penjualan kredit) pada artikel comment diisi nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer)sedangkan pada vidio tidak diisi

    4. Pada artikel payee dalam transaksi pengeluaran kas/bank diisi nama penerima uang sedangkan pada vidio tidak diisi

    5. Pada dokumen ke 6 (pengeluaran kas/bank) perbedaan nya terletak pada chaque no, date, amount yang dimana pada artikel diisi dengan Rp. 16.935.000.00 sedangkan padan vidio berisi Rp. 16.935.00 dan pada artikel berisi 3 expense payable sedangkan pada vidio berisi 1 account saja

    6. Pada artikel lebih lengkap dari pada vidio contohnya seperti transaksi penjualan yang dimana informasi mengenai perusahaan lebih lengkap dalam artikel daripada vidio

    7. Pada transaksi retur pembelian, di artikel jurnal memo di tambahkan kditambahkan" sedangkan pada vidio tidak ditambahkan

    8. Pada artikel disarankan untuk mengecek kebenarannya dengan cara menekan CTRL + R untuk menampilkan journal

    9. Pada transaksi 19, dalam artikel amount disi jumlah yang dibayarkan sebesar Rp 180.000.000 sedangkan pada vidio diisi sebesar Rp 120.000 keterangan memo pun berbeda antara artikel dengan vidio

    10. Pada artikel digunakan dalam jutaan sedangkan pada vidio di gunakan dalam ribuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, the capacity to learn is a gift, the ability to learn is a skill, the willingness to learn is a choice.

      Hapus
  14. Nama : Ni Kadek Bintang Parwati
    Nomor : 14 (Empat Belas)
    Kelas : XI AKKL 1

    Setelah menonton video di YouTube dan artikel yang ibu berikan, saya menemukan beberapa perbedaan diantara keduanya, yaitu :
    1. Periode pada transaksi.
    Di dalam artikel, periode yang digunakan adalah tahun 2011, sedangkan pada video, periode yang digunakan adalah tahun 2017. Contohnya pada bukti transaksi 1, dimana pada artikel tertulis tanggal transaksinya adalah 01/12/2011, tetapi pada video tanggal transaksinya adalah 01/12/2017.
    2. Kolom Payee.
    Pada artikel, kolom Payee diisi dengan nama instansi atau orang yang menerima pembayaran. Tetapi pada video, kolom Payee tidak diisi. Contohnya pada bukti transaksi no 1 dan 2.
    3. Memo tambahan.
    Pada artikel, memo tambahan diisi sebagai keterangan yang lebih rinci dari transaksi yang terjadi. Tetapi pada video, kolom memo pada tabel tidak terisi.
    4. Ctrl + R.
    Dalam artikel, di sarankan untuk melakukan Ctrl + R (mengecek jurnal) terlebih dahulu sebelum me record transaksi tersebut. Tetapi pada video, transaksi tidak di cek jurnalnya atau Ctrl + R terlebih dahulu, langsung di record.
    5. Nomor cek.
    Ada beberapa transaksi pada artikel dan video yang memiliki perbedaan penulisan no cek. Contohnya pada bukti transaksi ke 5, di artikel nomor cek nya adalah MK-12-99, Tetapi di video nomor cek nya adalah PB-12-01.
    6. Kolom Comment.
    Pada bukti transaksi ke 3. Di artikel dijelaskan bahwa kolom comment ini dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer). Tetapi di video, kolom comment tidak diisi apa-apa.
    7. Nominal uang.
    Pada bukti transaksi ke 6, di artikel ditulis bahwa amount nya adalah sebesar Rp. 16.935.000,00. Tetapi pada video, amount ditulis dengan nominal Rp. 16.935,00.
    8. Perincian pembayaran.
    Pada bukti transaksi ke 6, di artikel akun expense payable ada 3 dengan perincian yang berbeda-beda. Tetapi pada video, akun expense payable hanya 1 tanpa berisi memo tambahan sebagai perincian.
    9. Kelengkapan data customer maupun supplier.
    Contohnya pada bukti transaksi ke 11, pada kolom "Ship To", berisi nama customer beserta alamatnya. Tetapi pada video, kolom "Ship To" hanya berisi nama customer.
    10. Return.
    Contohnya dokumen transaksi ke 14, di artikel pada kolom journal memo ditambahkan kata "RETURN" agar jurnal tersebut lebih jelas menunjukkan retur pembelian kredit. Tetapi pada video, kolom journal memo tidak diisi "RETURN".

    Terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, it is what we know already that often prevents us from learning.

      Hapus
  15. Nama : Ni Wayan Nila Cahyani
    No : 33
    Kelas : XI AKKL I
    Dari materi yang saya amati antara artikel maupun YouTube adapun perbedaan yang saya dapatkan yaitu:
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada YouTube periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada nominal akunnya, sedangkan pada YouTube hanya menggunakan satuan ribuan di setiap nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada YouTube tidak berisi keterangan pada kolom comment
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita pereksa sebelum di record, sedangkan pada video tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada YouTube pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, pada artikel kolom payee ini sudah berisi sedangkan dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada YouTube kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada YouTube berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada YouTube hanya berisi nama perusahaannya saja.
    11.total amount pada artikel no 4 berbeda, artikel berjumlah 235.000 sedangkan pada YouTube berjumlah 275.000.
    12. pada artikel transaksi no 23 tersebut beda tanda pada nominal dimana YouTube berisi tanda (-) tetapi di artikel berisi tanda ()

    Trimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, the more you that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.

      Hapus
  16. Nama : Ni Komang Linda Triana Putri
    Aben : 25
    Kelas : XI AKKL 1

    Setelah saya mengamati artikel dan video, ada beberapa perbedaan yang saya temukan :

    A. Pada dokumen 1
    1). Pengisian Cheque No, pada artikel Cheque No nya VKK12-01, sedangkan di video 1/2/VKK.
    2). Pengisian Date (tanggal), pada artikel menunjukkan 01/12/2011, sedangkan di video menunjukkan 01/12/2017.
    3).Pada artikel, disana diisi petunjuk Payee (untuk si penerima uang), yaitu Alfa Mart, namun pada video tidak diisi (kosong).
    4). Pengisian Memo (table), pada artikel ditunjukkan Memonya Kopi, Gula, Teh, namun pada video tidak diisi (kosong).
    5). Penggunaan satuan nominal akun, pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan, sedangkan pada video menggunakan satuan ribuan.
    6). Penggunaan tombol Ctrl+R, jika dalam artikel disarankan untuk menampilkan jurnal terlebih dahulu, untuk mengecek kebenarannya dengan cara menekan tombol Ctrl+R, sedangkan dalam video bagian ini tidak dilakukan.

    B. Pada dokumen 3
    1). Pengisian Ship to, pada artikel ditunjukkan nama perusahaan beserta alamatnya, sedangkan pada video, hanya ditunjukkan nama perusahaannya saja.
    2). Pengisian kolom Comment, pada artikel diisi, sementara pada video tidak diisi (kosong).

    C. Pada dokumen 5
    1). Pengisian Ship to, pada artikel ditunjukkan nama perusahaan beserta alamatnya, sedangkan pada video, hanya ditunjukkan nama perusahaannya saja.
    2). Pengisian kolom Comment, pada artikel diisi, sementara pada video tidak diisi (kosong).

    D. Pada dokumen 6
    1). Pada artikel, disana diisi petunjuk Payee (untuk si penerima uang), yaitu General Affair, tetapi pada video tidak diisi (kosong).
    2). Pengisian Kolom Acct # dan kolom memo (table), pada artikel dijelaskan secara rinci tentang pembayaran expense payable untuk jenis transaksi apa apa saja, sedangkan pada video, hanya dituliskan total keseluruhan expense payable yang dibayarkan.

    E. Pada dokumen 14
    1). Pengisian Ship to, pada artikel ditunjukkan nama perusahaan, lengkap dengan alamat perusahaan, sedangkan di video yang ditunjukkan hanya nama perusahaannya saja.
    2). Pengisian kata “RETURN”, di kolom Journal Memo, pada artikel ditunjukkan pengisian kata “RETURN” tersebut, namun di video tidak diisikan.

    F. Pada dokumen 19
    1). Pada pengisian amount (yang terletak di bawah kolom Date), di artikel menunjukkan Rp. 180.000,00, sementara di video menunjukkan Rp. 120,00
    2). Pengisian pada kolom Memo, pada artikel menunjukkan “Pembelian Materai 30 lembar”, sedangkan pada video menunjukkan “Pembelian Keperluan Dapur”.

    G. Pada dokumen 20
    1). Pada artikel, setelah mengklik tombol Record, kemudian disana menunjukkan Print Later, tetapi pada video, setelah mengklik tombol Record tidak ada menu/pilihan Print Later.

    H. Pada dokumen 24
    1). Pengisian pada kolom Comment, di artikel diisi, namun di video tidak diisi (kosong).
    2). Pengisian Ship to, pada artikel ditunjukkan nama perusahaan, lengkap dengan alamat perusahaan, sedangkan di video yang ditunjukkan hanya nama perusahaannya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  17. Nama : Kadek Kusumadewi
    No absen :09
    Kelas :Xl AKKL 1
    Setelah saya mengamati artikel dan video ada beberapa perdedaan
    1. Pada periode dalam artikel periodenya 01/12/2011,sedangkan pada video periode nya 01/12/2017
    2. Pada penulisan no bukti voucher dalam artikel ditulis (VKK12-01), sedangkan pada video ditulis (1/12/VKK).
    3. Pada kolom payee dalam artikel berisi keterangan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan
    4. Pada kolom comment dalam artikel berisi no faktur, sedangkan pada video tidak berisi no faktur.
    5. Dalam artikel kita disarankan menekan tombol CTRL R sebelum menekan record, sedangkan pada video tidak menekan tombol CRTL R tapi langsung menekan record.
    6. Pada transaksi no 6 pada artikel nominal nya sebesar Rp. 16.935.000,00 sedangkan pada video nominal nya sebesar Rp. 16.935,00 dan dalam artikel ada 3 akun expense payable, dan di video hanya ada 1 akun expense payable.
    7. Pada transaksi penjualan maupun pembelian dalam artikel keterangan dari costumer maupun supplier lengkap, sedangkan pada video keterangan customer customer customer dan supplier tidak lengkap hanya berisi nama peperusaha saja.
    8. Dalam transaksi return pembelian kredit kolom journal memo berisi tambahan kata "RETURN" dalam artikel berisi tambahan kata return, sedangkan pada video tidak berisi kata return.
    9. Pada dokumen transaksi pembayaran pajak dalam artikel kolom payee berisi keterangan kas negara, sedangkan pada video tidak berisi keterangan apa pun.
    10. Pada transaksi no 19 jumlah amount berbeda pada artikel dengan video

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus



  18. Nama: I Komang Alit Windu Juliana
    Absen: 04
    Kelas: XI AKKL 1
    Setelah saya memonton video dan membandingkannya dengan artikel tersebut, saya menemukan beberapa perbedaan yaitu:
    1. Perbedaan yang pertama terletak pada periode akuntansinya. pada artikel periode akuntansinya adalah tahun 2011, sedangkan pada video periode akuntansinya adalah 2017.
    2. Perbedaan yang kedua terletak pada penulisan cheque no./no. Bukti transaksi. Pada dokumen transaksi no.1 di artikel, penulisan cheque no. yaitu VKK 12-01. Sedangkan pada video penulisan cheque no. yaitu 1/12/VKK.
    3. Perbedaan yang ketiga terletak pada kolom payee. Contohnya pada dokumen 1 di artikel kolom payee diisi Alfa Mart, sedangkan pada video kolom payee tidak diisi.
    4. Perbedaan yang keempat terletak pada nominalnya. Pada artikel menggunakan nominal jutaan, sedangkan pada video menggunakan nominal ribuan.
    5. Pebedaan yang kelima terletak pada penulisan ID. Salah satu contohnya yaitu pada dokumen 9 di artikel, pemulisan ID-nya yaitu CR-12-01. Sedangkan pada video penulisan ID-nya yaitu 1/12/CRV.
    6. Perbedaan yang keenam yaitu pada kolom diartikel diisi sedangkan pada video tidak diisi
    7. Perbedaan yang ketujuh yaitu terletak pada jurnal memo pada transaksi retur pembelian kredit. Pada artikel kolom jurnal memo ditambahkan kata “RETURN”, sedangakn pada video tidak ditambahkan kata”RETURN”.
    8. Perbedaan yang kedelapan yaitu terletak pada transaksi pembelian dan penjualan. Pada artikel kolom ship to berisi nama perusahaan beserta alamatnya, sedangkan pada video kolom ship to hanya berisi nama perusahaan saja.
    9. Perbedaan yang kesembilan yaitu
    Terletak pada jumlah amount pada dokuken 19. Pada artikel kolom amount berjulah 180.000, sedangkan pada video kolom amount berjulah 120.
    10. Perbedaan yang kesepuluh adalah pada artikel kita disarankan untuk menekan Ctrl R, sedangkan pada video tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, you learn something every day if you pay attention.

      Hapus
  19. Nama : Ni Ketut Wulan Apriani
    Nomer : 22
    Kelas : XI AKKL 1

    Dari artikel dan video yang saya amati,saya menemukan beberapa perbedaan seperti
    1. Periode yang digunakan pada artikel menggunakan 1/12/2011 tetapi pada video menggunakan 1/12/2017
    2. perbedaan juga terletak pada kode akunnya pada artikel ditulis Vkk12-01 namun pada video ditulis 1/2/Vkk
    3. pada dokumen transaksi 2, pada artikel keterangan kolom memo adalah pelunasan PST massa bulan november 2011 namun pada video keterangannya adalah pembayaran pajak
    4. Pada artikel dokumen transksi 3, berisi perintah CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal tapi pada video tidak dianjurkan
    5. Pada dokumen transaksi 5, pada artikel di kolom skip to berisi nama toko dan alamatnya sedangkan pada video berisi hanya tokonya saja
    6. Masih pada dokumen transaksi 5, pada artikel pembelian kredit diisi nomer faktur Mk-12-19 sedangkan pada video nomer fakturnya tampak berbeda yaitu PB-1201
    7.pada artikel apabila ada retur pembelian maupun penjualan di kolom memo berisi return sedangkan pada video tidak
    8.pada artikel transaksi pembelian maupun penjualan sudah lengkap berisi nama perusahaan dan alamatnya namun pada video hanya berisi nama perusahaan saja
    9. Pada dokumen 19, amountnya berbeda pada artikel 180.000 namun di video 120.000
    10.pada transaksi pengeluaran kas, di menu spend money pada artikel kolom payee ini sudah terisi sedangkan pada video kolom payee tidak diisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  20. Nama : IDewa Ayu Agung Raka Nirmala Ekayanti
    No. : XI AKKL 1

    Perbedaan dalam Vidio dan artikel yang saya temukan adalah:
    1. Dalam Vidio tahun yang digunakan adalah tahun 2017 sedangkan dalam artikel tahun yang digunakan adalah tahun 2011
    2. Pada artikel menjelaskan untuk mengklik ctrl + R untuk melihat efek jurnal yang dihasilkan dari transaksi, namun dalam Vidio langkah tersebut tidak dilakukan
    3. Pada transaksi dok.3, dalam artikel disebutkan bahwa Untuk memimilih model tampilan isiin kolom dapat dilakukan dengan mengklik menu layout, namun dalam Vidio tidak memperhatikan hal tersebut
    4.dalam Vidio dan artikel terdapat perbedaan dalam pengisian cheque nomor.
    5. Pada artikel membahas mengenai kolom comment yang berisi kan nomor faktur pajak dalam transaksi pembelian maupun transaksi penjualan. Namun dalam Vidio kolom comment tidak dibahas.
    6. Dalam Vidio pada dokumen transaksi nomor 6 kolom payee dikosongkan dan kolom memo diisi keterangan transaksi, sedangkan dalam artikel kolom payee dan memo diisi keduanya.
    7.Pada dokumen transaksi nomor 14 dalam artikel disebutkan bahwa dalam jurnal memo ditambahkan kata return, sedangkan dalam Video tidak diisikan.
    8. Pada dok. Transaksi no 16 dalam artikel disebutkan bahwa dalam amount applied diisikan jumlah faktur yang dibayarkan lunas sedangkan dalam Vidio tidak diisikan.
    9. Pada dok. Transaksi no 19 terdapat perbedaan nominal yang dimasukan dalam Vidio nominalnya adalah Rp. 120.000,00 sedangkan dalam artikel nominalnya adalah Rp. 180.000,00.
    10. Pada dok. Transaksi no 21 terdapat jumlah balance yang berbeda pada artikel yang jumlahnya sebesar Rp. 2.510.065 sedangkan dalam artikel jumlahnya adalah sebesar Rp. 2.590.065

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, A person who never made a mistake never tried anything new – Albert Enstein.

      Hapus
  21. Nama : Ni Kadek Sri Indrayani
    No : 18
    Kelas : XI AKKL 1
    Ada beberapa perbedaan setelah saya mengamati materi yang ada di artikel dan vidio yaitu:
    1. Perbedaan pada periode akuntansinya yaitu lebih tepatnya pada tahunnya, dimana pada artikel periode akuntansinya 01/12/2011 sedangkan pada vidio periode akuntansinya 01/12/2017.
    2. Perbedaan pada bagian Cheque No atau no bukti faktur dimana pada artikel yang pertama diisi adalah nama bukti transaksi kemudian dilanjutkan dengan no faktur dan menggunakan tanda (-), sedangkan pada vidio yang pertama diisi adalah no faktur kemudian dilanjutkan dengan nama bukti transaksinya dengan menggunakan tanda (/). Contoh nya seperti dokumen 1, Cheque No pada artikel diisi dengan VKK-12-1 sedangkan pada vidio diisi dengan 1/12/CDV.
    3. Perbedaan pada saat terjadi transaksi pengeluaran kas/bank, pada artikel kolom Payee berisi nama penerima uang atau nama tempat/toko dimana kita melakukan transaksi, sedangkan pada Vidio kolom Payee tidak berisi.
    4. Perbedaan pada saat melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara kredit, pada artikel kolom Ship To berisi keterangan yang lengkap yaitu nama perusahaan dan alamat perusahaan tersebut, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja.
    5. Perbedaan lain pada saat melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara kredit yaitu pada artikel kolom Comment berisi nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer) maupun nomor faktur pajak pembelian dari supplier, sedangkan pada vidio kolom Comment tidak berisi nomor faktur pajak customer maupun supplier.
    6. Perbedaan pada saat melakukan penerimaan pembayaran dari costumer, dimana pada artikel kolom ID # atau no bukti faktur penempatan no bukti fakturnya beda dan menggunakan tanda (-), sedangkan pada vidio penempatan no fakturnya juga beda dan menggunakan tanda (/). Contoh nya seperti dokumen 9, kolom ID # pada artikel diisi dengan CR-12-01 sedangkan pada vidio diisi dengan 1/12/CRV.
    7. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan CTRL+R untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenaran jurnalnya, sedangkan pada Vidio tidak berisi menekan CTRL+R.
    8. Perbedaan pada dokumen 6 yaitu pada saat transaksi Pengeluaran Kas/Bank, pada artikel akun beban-bebannya dirinci dan pada kolom memo berisi keterangan, sedangkan pada vidio akun bebannya dijadikan satu tidak dirinci seperti di artikel dan pada kolom memonya tidak diisi.
    9. Perbedaan pada saat terjadi Return Penjualan maupun Pembelian, pada artikel kolom jurnal memo berisi kata tambahan Return, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    10. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada Vidio menggunakan satuan ribuan pada setiap nominal akunnya.
    11. Perbedaan pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan di memonya pada artikel dengan vidio berbeda.
    12. Perbedaan tanda untuk nominal di akun kontra pada dokumen 23, dimana pada Vidio berisi tanda - (strip) untuk akun kontranya tetapi di artikel berisi tanda () (kurung) untuk akun kontranya.
    13. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur dan cara penulisan voucher pada artike dengan di vidio berbeda.
    14. Perbedaan nama kolom pada dokumen 21 Penerimaan Pembayaran pada Vidio nama kolomnya Invoice # sedangkan pada artikel nama kolomnya Cust po#.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus

  22. Nama : Ade Agung Satyananda
    No : 01
    Kelas : XI AKKL 2

    Beberapa perbedaan yang saya amati dan dapatkan antara pembelajaran di youtube dengan artikel di blog yaitu :
    1. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada youtube hanya berisi nama perusahaannya saja.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada youtobe tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen transaksi 1, di video Cheque Nomornya adalah 1/12/VKK, sedangkan di artikel Cheque Nomornya adalah VKK12-01.
    10. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    11. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    12. Pada dokumen transaksi 1, di video pada kolom memo tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel pada kolom memo berisi keterangan yaitu kopi, gula, teh.
    13. Pada dokumen transaksi 2, di video pada kolom memo keterangan adalah pembayaran pajak, sedangkan di artikel pada kolom memo keterangan adalah pelunasan SPT Massa bulan November 2011.
    14. Pada dokumen transaksi 3, di video pada kolom comment tidak berisi keterangan apapun, sedangkan di artikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321.
    15. Pada dokumen transaksi 5, di video kolom Ship to berisi nama tokonya saja yaitu PT QUADRA PUTRA, sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama toko dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl. Cempaka No.6 Jakarta.
    16. Pada dokumen transaksi 14, di video kolom supplier inv tidak berisi suatu keterangan apapun, sedangkan di artikel kolom supplier inv berisi keterangan yaitu IF-12-99.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, if you have courage to begin, you have courage to success.

      Hapus

  23. Nama : Luh Surya Adnyani
    Nomor : 14
    Kelas : Xi Akkl 2

    Perbedaan yang saya dapat dari materi di youtube dengan di blog yaitu :

    1. Saat memasukkan cheque account ada beberapa nomor vouchernya berbeda antara di blog sama di youtube
    2. Pada kolom date tahunnya berbeda di blog tahun 2011 sedangkan di youtube tahun 2017.
    3. Pada paye untuk pembayaran pajak dan pengeluaran kas/bank tidak diisi di youtube sedangkan di blog diisi dengan diketik penerima uang.
    4. Untuk di youtube menggunakan ribuan sedangankan pada blog tidak menggunakan ribuan melainkan jutaan
    5. Memo di tabel untuk dokumen 1, 2, 6 diisi keterangan di blog sedangkan di youtube tidak diisi.
    6. Untuk dokumen 5 tanggal yang digunakan di blog yaitu tanggal 12 desember sedangkan di youtube tanggal 5 desember
    7. Dalam blog dianjurkan untuk melakukan pengecekan jurnal dengan Ctrl+R sedangkan di youtube tidak diisi.
    8. Pada dokumen 3, 5, 11, 15, 17, 18, 24 di blog comment diisi dengan nomor faktur pajak penjual kepada pelanggan sedangkan pada youtube tidak diisi
    9. Pada dokumen 6 pada youtube hanya satu akun expense payable sedangkan pada blog ada tiga akun expense payable.
    10. Pada dokumen nomor 19 memo yang terdapat pada blog adalah pembelian materai 30 lembar sedangkan pada youtube adalah pembelian keperluan dapur
    11. Pada dokumen 19 amount pada blog yaitu Rp 180.000 sedangkan ada youtube Rp 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, The more you that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.

      Hapus
  24. Nama: Ni Komang Chintya Ayu Sri Rejeki
    No : 22
    Kelas: XI AKKL 2
    Dari pengamatan saya antara artikel dan divideo adalah
    1. Periode akuntansi pada video yaitu 1/12/2011 sedangkan pada artikel periode akuntansinya yaitu 1/12/17
    2. Pada video satuannya menggunakan jutaan sedangkan pada artikel satuannya menggunakan ribuan
    3. Penulisan no bukti Voucher pada video yaitu 1/12/VKK sedangkan penulisan no bukti Voucher pada artikel yaitu VKK12-1
    4. Dalam artikel disarankan menekan tombol CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal sedangkan pada video langsung menekan Record
    5. Pada kolom comment dalam artikel berisi no faktur sedangkan pada video tidak berisi no faktur
    6. Dalam artikel retur pembelian kredit kolom jurnal memo berisi tambahan "RETURN" sedangkan pada video tidak ditambahkan "RETURN"
    7. Pada dokumen transaksi pembayaran pajak pada artikel Kolom Payee berisi keterangan "Kas Negara" sedangkan pada video tidak berisi keterangan apapun
    8. Amount dokumen transaksi 19 pada artikel menunjukkan 180.000 sedangkan pada video menunjukkan amount 120.000
    9. Pada dokumen transaksi 6 dalam artikel beban-beban dirinci dan memo berisi keterangan sedangkan pada video memo tidak diisi keterangan, semua beban yang harus dibayar dijadikan satu
    10. Pada artikel transaksi penjualan, pembelian berisi nama perusahaan dan alamatnya sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Education is the most powerful weapon for changing the world.

      Hapus
  25. nama: komang kusumawati
    no:12
    kelas:11 akkl 1
    setelah mengamati artikel dan video ada beberapa perbedaan
    1. pada periode akuntansi dalam artikel ditulis 01/12/2011,sedangkan pada video ditulis 01/12/2017.
    2. terletak pada kolom comment dalam artiker berisi no faktur, sedangkan di video tidak berisi.
    3. pada transaksi pembayaran pajak, dalam artikel di kolom payee berisi keteranga kas negara, sedangkan pada video tidak berisi keteranga. dan pada kolom memo di artikel berisi keteranga pelunasan spt, sedangkan di video berisi keteranga pembayaran pajak.
    4. pada transaksi pengeluaran kas/bank terdapat perbedaan,pada cheque no di artikel ditulis vkk12-01,sedangkan di video ditulis 1/12/vkk.
    5. pada kolom payee di transaksi pengeluaran kas/bank di artikel berisi alfa mart,sedangkan di video tidak berisi.
    6. dalam artikel disuruh menekan ctrl+r sebelum record transaksi,sedangkan di video tidak menekan ctrl+r langsung record transaksi.
    7. pada artikel satuan nominal menggunakan juta,sedangkan di video satuan nominal menggunakan ribuan.
    8. pada transaksi penjualan dan pembelian dalam artikel keteranga dari supplier dan customer lengkap, sedangkan di video hanya berisi nama perusahaan dari supplier dan customer.
    9. pada transaksi retur pembelian kredit kolom jounal memo berisi tambahan retur, pada artikel berisi tambahan retur dan sedangkan di video tidak berisi tambahan retur.
    10. pada transaksi no 19 jumlah dari amount pada artikel dan video berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  26. Nama: Ni Kadek Diah Suwiryawati
    No: 17
    Kls: XI AKKL 2
    Dari yang saya amati saya menemukan beberapa perbedaan antara materi di artikel dan di video pada youtube:
    1. Pada artikel kita disarankan untuk mengecek jurnal dengan kombinasi keyboard ctrl R sebelum di record, sedangkan di video hal tersebut tidak diberi tahukan dan langsung di record tanpa dicek jurnalnya terlebih dahulu.
    2. Di artikel di beri tahu kombinasi keyboard untuk memilih menu ada myob seperti ctrl H untuk menu spen money dan ctrl B untuk Receive payment, sedangkan pada youtube tidak, hanya diklik seperti biasa.
    3. Perbedaan tahun transaksi, pada youtube menggunakan tahun 2017 sedangkan pada artikel menggunakan tahun 2011.
    4. Pada youtube penulisan harga menggunakan satuan ribuan sedangkan pada artikel menggunakan satuan jutaan.
    5. Penulisan no bukti yang berbeda, yaitu sebagai contoh pada artikel VKK12-1 sedangkan pada youtube 1/12/VKK.
    6. Kolom comment pada menu sales di artikel diisi no faktur, sedangkan di youtube tidak.
    7. Jika terdapat transaksi return pembelian maka kolom jurnal memo pada artikel di ketikkan kata Return sedangkan di youtube tidak.
    8. Pada transaksi pengeluaran kas pada menu spend money, kolom pagee di video tidak diisi sedangkan di artikel berisi, dimana kolom ini berisi nama tempat/ toko yang kita ajak bertransaksi.
    9. Setiap transaksi pembelian atau penjualan, profil supplier atau customer pada artikel dilengkapi dengan alamatnya, sedangkan pada video di youtube hanya berisi nama saja.
    10. Pada dokumen 6 di artikel pada menu spend money kolom memo disebutkan rincian beban beban yang akan dibayarkan, sedangkan di video tidak diisi dan beban dijadikan 1.
    11. Pada dokumen 2 di artikel pada kolom memo pada jurnal diisi keterangan pph 21 kurang, ppn kurang bayar dan angsuran pph 25, sedangkan di video pada dokumen 2 tidak diisi keterangan tersebut.
    12. Di video pada youtube diberitahu jika saat mengklik record muncul sebuah pemberitahuan/ notifikasi maka pilih No, sedangkan pada artikel hal tersebut tidak diberitahukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, The world is a university and everyone in it is a teacher. Make sure when you wake up in the morning you go to school.

      Hapus
  27. NAMA: IDA AYU PUTRI RUKMINI
    NO: 12
    KELAS: XI AKKL 2

    Perbedaan yang saya dapatkan antara penjelasan dalam video dengan artikel sebagai berikut:

    1. Perbedaan dalam penulisan Cheque No. Dalam video ditulis 1/12/VKK sedangkan dalam artikel ditulis VKK12-01
    2. Terdapat perbedaan dalam penggunaan tahun periode akuntansi. Dalam video menggunakan periode tahun 2017 sedangkan dalam artikel mengunakan periode tahun 2011
    3. Terdapat perbedaan dalam penggunaan satuan rupiah. Dalam video menggunakan satuan ribuan sedangkan dalam artikel menggunakan satuan jutaan.
    4. Pada transaksi pengeluaran kas terdapat perbedaan pada penulisan pada kolom Payee. Dalam video tidak tertera keterangan Payye sedangkan dalam artikel tertera keterangan Payye.
    5. Pada transaksi penjualan kredit terdapat perbedaan dalam penulisan alamat pembeli. Dalam video tidak tertera mengenai alamat pembeli sedangkan dalam artikel tertera mengenai alamat pembeli.
    6. Pada dokumen 6 terdapat perbedaan antara jumlah akun Expense Payble yang digunakan. Dalam video hanya menggunakan 1 akun sedangkan dalam artikel menggunakan 3 akun.
    7. Pada pembelian dan penjualan kredit terdapat perbedaan pada kolom Comment. Dalam video tidak tertera keterangan mengenai Comment sedangkan dalam artikel tertera.
    8. Pada transaksi pembayaran utang terdapat perbedaan yang terdapat pada kolom Amount Applied, Total Applied dan Total Paid. Dalam video tidak tertera sedangkan dalam tertera.
    9. Dalam artikel berisi anjuran untuk pengecekan atau CTRL+R sedangkan dalam video bagian tersebut tidak diperlihatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, It is what we know already that often prevents us from learning.

      Hapus

  28. Nama : Ni Kadek Suantari
    No : 19
    Kelas : XI AKKL 2

    Setelah saya mencermati video dan artikel tersebut,saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1.pada dokumen transaksi 1,di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan,sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.

    2.pada dokumen transaksi 1,di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkandi artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.

    3.pada dokumen transaksi 5,di video kolom ship to berisi nama tokonya yaitu PT QUADRA PUTRA,sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl.Cempaka No.6 Jakarta.

    4.pada dokumen transaksi 14,di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.

    5.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    BalasHapus

  29. Nama : Ni Kadek Lia Mayuni
    No : 17
    Kelas : XI AKKL 1

    Setelah saya mencermati video dan artikel tersebut, saya menemukan beberapa perbedaan yaitu:
    1. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom payment tidak berisi suatu keteranga, sedangkan diartikel, kolom payment berisi keterangan yaitu alfamart.
    2. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan diartikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011
    3. Pada dokumen transaksi 14, di video kolom jurnal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata return, sedangkan diartikel kolom jurnal memo keterangan berisi kata return.
    4. Pada dokumen transaksi 19, jumlah amount dan keterangan/memo nya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.
    5. Pada dokumen transaksi 20, terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance 2.362.225.000, sedangkan pada video jumlah balance nya 2.442.225.000
    6. Pada dokumen transaksi 21,di video jumlah besa balance menunjukkan angka Rp. 2.590.065, sedangkan diartikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp. 2.510.065.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus

  30. Nama: Ni Made Ernawati
    No: 27
    Kelas: XI AKKL 2

    Setelah saya mengamati dan mencermati video dan artikel tersebut,saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1.pada dokumen transaksi 1,di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan,sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    2.pada dokumen transaksi 14,di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.
    3.pada dokumen transaksi 1,di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkandi artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    4.pada dokumen transaksi 5,di video kolom ship to berisi nama tokonya yaitu PT QUADRA PUTRA,sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl.Cempaka No.6 Jakarta.
    5.pada dokumen transaksi 20,terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance 2.362.225.000,sedangkan pada video jumlah balancenya 2.442.225.000.
    6.pada dokumen transaksi 21,di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065,sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.
    7.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Determination today leads success tomorrow.

      Hapus
  31. Nama : Putu Ricky Cahyadi
    No : 36
    Kelas : XI Auntansi 1

    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut antara lain :

    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada youtobe periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.

    2. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.

    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.

    4. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.

    5. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee tidak di isi. Kolom payee ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.

    6. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000

    7. Ship to pada pembelian kredit pada youtobe tidak berisi alamat perusahaan namun artikel berisi alamat perusahaan lengkap

    8.pada artikel penerimaan pembayaran kolomnya itu berbeda YouTube berisi invoice # tetapi artikel berisi cust po#

    9. Pada artikel berisi perintah record tetapi ada beberapa transaksi di video YouTube tidak di record tetapi langsung di cancel

    10. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada youtobe tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.

    11. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .

    12. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.

    13. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada youtobe hanya berisi nama perusahaannya saja.
    11.total amount pada artikel no 4 berbeda dengan artikel YouTube 275.000 namun artikel 235.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus
  32. Nama : Ni Komang Ayu Medy Adnyani
    No :21
    Kelas : XI AKKL 2

    Setelah saya mencermati video dan artikel tersebut,saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1.pada dokumen transaksi 14,di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.
    2.5.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.
    3.pada dokumen transaksi 21,di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065,sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.
    4.pada dokumen transaksi 1,di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan,sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    5.pada dokumen transaksi 5,di video kolom ship to berisi nama tokonya yaitu PT QUADRA PUTRA,sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl.Cempaka No.6 Jakarta.
    6.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.
    7.pada dokumen transaksi 20,terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance 2.362.225.000,sedangkan pada video jumlah balancenya 2.442.225.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  33. Nama : Ni Putu Ratih Sugiantari
    No : 31
    Kelas : XI AKKL 1

    Setelah saya mencermati pada artikel dan video, terdapat perbedaan perbedaan :
    1. Berbeda pada periode di artikel dengan di video, di artikel menunjukkan periode 01/12/2011 sedangkan di video menunjukkan periode 01/12/2017
    2. Pada dokumen di artikel kolom payee diisi dengan Alfa Mart, Kas Negara, atau laninnya sedangkan di video kolom payee tidak diisi apapun (dikosongkan)
    3. Pengisian nomor faktur yang berbeda dan cara mengisi voucher yang berbeda antara di artikel dengan di video
    4. Pada artikel dianjurkan untuk menekan Ctrl R untuk menampilkan jurnal sedangkan di video tidak menekan Ctrl R
    5. Satuan yang dipakai di artikel yaitu jutaan berbeda dengan di video satuannya memakai ribuan
    6. Pada artikel comment diisi untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan maupun pembelian sedangkan pada video kolom comment tidak diisi (dikosongkan)
    7. Pada dokumen 2 memo pada artikel diisi dengan pelunasan SPT masa bulan November 2011 sedangkan di video memo hanya diisi dengan pembayaran pajak
    8. Pada dokumen 6 di artikel beban-beban dirinci dan pada memo diisi dengan keterangan sedangkan di video beban-beban tidak dirinci melainkan dijadikan satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus
  34. Nama : Ni Kadek Dwi Sukmayanti
    Nomor :16
    Kelas : XI AKKL 1

    Perbedaan dari artikel dan video antara lain yaitu:
    1. Periode dari siklus tersebut, karena pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntasinya 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya sedangkan pada video satuan yang digunakan adalah ribuan rupiah pada nominal akunnya.
    3. Di dalam artikel terdapat keterangan pada kolom comment yang memuat nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam video tidak terdapat keterangan pada kolom comment.
    4. Didalam artikel kita dianjurkan untuk menekan (CTRL + R) untuk mengecek kebenaran jurnalnya sedangkan di video tidak memuat hal ini.
    5. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan voucher.
    6. Pada dokumen 6 transaksi mengenai pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan dimemo berisi keterangan, sedangkan pada video pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    7. Pada saat terjadi return baik return penjualan maupun pembelian , dalam artikel pada kolom journal memo berisi kata tambahan Return, sedangkan pada video kolom journal memo tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money dalam artikel berisi kolom payee akan tetapi di dalam video tidak berisi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu.
    9. Pada transaksi penjualan maupun pembelian dalam artikel lengkap berisi keterangan mengenai customer/supplier seperti nama dan alamat tetapi dalam video tidak lengkap hanya berisi nama saja.
    10. Pada dokumen transaksi 19 jumlah amount dan keterangan / memonya pada artikel dengan video berbeda . Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  35. Nama : Ni Komang Putri Tirawati
    Absen : 26
    Kelas : XI AKKL 1

    Setelah saya mencermati artikel dan video yang ada di youtube saya menemukan perbedaan diantaranya sebagai berikut.
    1. Periode yang digunakan pada artikel menggunakan 1/12/2011 sedangkan pada video menggunakan 1/12/2017
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada sedangkan pada video satuan yang digunakan adalah ribuan rupiah
    3. Pada artikel dokumen transksi 3, berisi perintah CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal tapi pada video tidak dianjurkan
    4. Pada artikel di kolom skip to berisi nama toko dengan alamatnya sedangkan pada video hanya berisi nama tokonya saja
    5. Pada artikel pembelian kredit diisi nomer faktur Mk-12-19 sedangkan pada video nomor fakturnya berbeda yaitu PB-1201
    6.Pada artikel apabila ada retur pembelian maupun penjualan di kolom memo berisi return sedangkan dalam video tidak
    7.Pada artikel transaksi pembelian maupun penjualan sudah lengkap berisikan nama perusahaan serta alamatnya sedangkan pada video hanya berisikan nama perusahaan saja
    8. Pada dokumen 19, amountnya berbeda pada artikel ditulis 180.000 sedangkan pada video ditulis 120.000
    9. Pada transaksi pengeluaran kas, di menu spend money pada artikel kolom payee ini sudah terisi sedangkan kolom payee yang ada di video tidak diisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, The capacity to learn is a gift, the ability to learn is a skill, the willingness to learn is a choice.

      Hapus
  36. Nama : Ni Putu Eka Widiari
    No : 29
    Kelas : XI AKKL 1
    Dari apa yang saya amati pada artikel dan video tersebut, terdapat beberapa perbedaannya yaitu:
    1. Dilihat pada periode akuntansi, pada artikel periodenya 1/12/2011, sedangkan pada video periodenya 1/12/2017.
    2. Dilihat pada artikel, satuan yang digunakan pada setiap nominal akunnya yaitu jutaan, sedangkan pada video setiap nominalnya hanya menggunakan satuan ribuan.
    3. Dilihat pada artikel dianjurkan untuk menekan (Ctrl + R) untuk mengecek kebenaran dan menampilkan jurnalnya, sedangkan di video bagian ini tidak berisi atau tidak di cek kebenarannya.
    4. Dilihat pada transaksi pengeluaran kas, di bagian menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, sedangkan pada artikel kolom payee ini berisi.
    5. Dilihat pada dokumen6 yaitu pada transaksi pengeluaran kas. Di artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan di video pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi bebannya tidak dirinci.
    6. Dilihat pada artikel berisi nomor faktur pajak pada kolom comment yang dimana dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi nomor faktur pajak pada kolom comment.
    7. Dilihat pada total amount pada artikel no 4 berbeda dengan video 275.000 namun artikel 235.000
    8. Dilihat saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata return.
    9. Dilihat pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan atau memonya di artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000
    10. Dilihat pada transaksi penjualan maupun pembelian, di artikel sangat lengkap karena berisi nama perusahaan dan alamat, sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaan.
    11. Dilihat dari perbedaan di setiap no bukti pada faktur, dan juga perbedaan cara penulisan voucher.
    12. Dilihat perbedaan yang terletak pada nominal balance yang berada di transaksi no 20 dan 21 dimana di video lebih besar hasil balancenya tetapai di artikel lebih kecil seperti transaksi no 20 di video 2.442.225.000 sedangakan artikel 2.362.225.000
    13. Dilihat di ship to pada pembelian kredit pada video tidak berisi alamat perusahaan namun di artikel berisi alamat perusahaan yang lengkap
    14. Dilihat pada artikel penerimaan pembayaran kolomnya itu berbeda, tetapi artikel berisi cust po#, tapi di viedo berisi invoice #
    15. Dilihat di artikel berisi perintah record tetapi ada beberapa transaksi di video tidak di record tetapi langsung di cancel
    16. Dilihat pada transaksi retur pembelian kredit dimana supplier inv # di video tidak ada tapi di artikel berisi .
    17. Pada retur penjualan kredit dimana amount applied di video tidak berisi tetapi di artikel berisi amount applied.
    18. Dilihat pada artikel transaksi no 23 perbedaannya tanda di artikel berisi tanda () sedangkan tanda pada nominal di video berisi tanda (-)
    Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Study while others are sleeping; work while others are loafing; prepare while others are playing; and dream while others are wishing. – William Arthus Ward.

      Hapus
  37. Nama : Kadek Agus Kembar Suartana
    No: 07
    Kelas: XI AKKL 1
    Perbedaan yang saya dapat dari artikel dan video yang ibu kirim yaitu:
    1. Terdapat perbedaan periode akuntansi pada artikel dengan video. Dimana di artikel nenunjukan periode 1/12/2011, sedangkan divideo menunjukan periode 1/12/2017.

    2. Di artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominalnya, sedangkan di video menggunakan satuan ribuan pada nominalnya.

    3. Di artikel kita disuruh untuk menekan (CTRL-R) sebelum record transaksi, sedangkan di video kita tidak perlu menekan apapun, langsung record transaksi

    4. Di dokumen 19, jumlah amount dan keterangannya sangat berbeda antara artikel dengan video. Di artikel jumlahnya 180.000, sedangkan di video jumlahnya 120.000.

    5. Dokumen transaksi 20, ada perbedaan balance dimana di artikel balancenya 2.362.255.000, sedangkan di video jumlah balancenya 2.442.225.000

    BalasHapus
  38. Nama : I Made Ardana
    No : 05
    Kelas : XI AKKL 1
    Perbedaan yang saya temui pada artikel dan video tersebut adalah:
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menunjukkan periode 1/12/2011, sedangkan pada video menunjukkan periode 1/12/2017.
    2. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan tombol (CTRL+R) untuk mengecek kebenaran jurnalnnya, tetapi di video tidak di tampilkan.
    3. Pada artikel, satuannya yang digunakan adalah jutaan pada nominal akunnya, sedangkan di video menggunakan ribuan pada nomimal akunnya.
    4. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    5. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisikan nomor faktur pajak dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan di video tidak berisi hal tersebut.
    6. Pada saat terjadinya return baik return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo berisi kata tambahan return, sedangkan di video tidak berisi.
    7. Pada dokumen transaksi 21, di artikel jumlah balancenya menunjukkan Rp. 2.501.065.000, sedangkan di video balancenya menunjukan Rp. 2.590.065

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, You learn something every day if you pay attention.

      Hapus
  39. Nama : Ni Komang Desi Ratna Dewi
    No: 24
    Kelas : XI AKKL 1

    Perbedaan yang saya dapatkan dari artikel dan videonya yaitu:
    1). Pada artikel periodenya (tahun) adalah 01/12/2011 tetapi pada video 01/12/2017
    2). Pada setiap nominal diartikel adalah juta sedangkan pada video adalah ribuan
    3). Pada dokumen 1&2 pada artikel payeenya berisi keterangan sedangkan di video tidak berisi
    4). Pada artikel didokumen 3 diartikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321 tetapi pada video tidak berisi
    5). Pada artikel di dokumen 6 memo berisi keterangannya sedangkan pada video tidak diisi
    6). Pada artikel kita disuruh untuk menekan CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal tetapi pada video kita tidak disuruh
    7). Pada artikel dokumen 19,jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya 180.000 sedangkan pada video 120.000
    8). Pada saat terjadi return penjualan ataupun pembelian diartikel jurnal memo ditambahkan sedangkan pada video tidak ditambahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, If you are not willing to learn, no one can help you. If you are determined to learn, no one can stop you.

      Hapus
  40. Nama : I Made Dimas Alfaendra
    No : 11
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari video yang saya tonton dan artikel yang saya baca, terdapat beberapa perbedaan, yaitu :

    1. Pada video, bagian _payee_ tidak diisi. Sedangkan pada artikel, bagian _payee_ diisi dengan keterangan penerima uang.

    2. Terdapat perbedaan dimana di video periode yang digunakan adalah periode Desember 2017, sedangkan di artikel periode yang digunakan adalah Desember 2011.

    3. Pada penjualan kredit (Dok-3), di video bagian _comment_ tidak diisi, sedangkan di artikel, bagian _comment_ diisi dengan keterangan "010.000.11.00000321" (Perbedaan ini berlaku untuk semua penjualan kredit)

    4. Pada artikel, ada perintah menekan kombinasi CTRL+R untuk mengecek efek jurnal, sedangkan pada video tidak diisi kombinasi tersebut.

    5. Pada transaksi pengeluaran kas (Dok-4), terdapat perbedaan pengisian keterangan _Cheque No_ antara di artikel dengan di video (Perbedaan ini berlaku untuk semua pengeluaran kas)
    6. Pada transaksi pembayaran beban (Dok-6), di video akun pembayaran bebannya dijadikan satu, sedangkan pada artikel akun pembayaran bebannya terpisah dan terdapat keterangan memo.

    7. Pada transaksi retur pembelian kredit (Dok-14), pada bagian _Journal Memo_ berisi tambahan kata "RETURN" di artikel. Sedangkan pada video tidak berisi tambahan tersebut.

    8. Pada transaksi pengeluaran kas (Dok-19), terdapat perbedaan jumlah (Amount) dan Memo antara di artikel dengan di video.

    9. Pada setiap video, tidak terdapat alamat perusahaan. Sedangkan pada artikel, alamat perusahaan diisi.

    10. Pada video, nominal yang digunakan adalah berbentuk ribuan. Sedangkan pada artikel, nominal yang digunakan adalah berbentuk jutaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  41. Nama : Ni Kadek Susianggita Dewi
    No : 20
    Kelas : XI AKKL 1
    Setelah saya mengamati dan Mencermati video dan artikel tersebut, saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1. Pada dokumen transaksi 1 di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017 sedangkan di artikel menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    2. Pada dokumen transaksi 1 pada video kolom payee tidak berisi keterangan sedangkan di artikel kolom payee berisi keterangan yaitu alfa mart.
    3. Pada dokumen transaksi 1 pada penulisan cheque.no yaitu pada artikel ditulis VKK12-01 sedangkan di video ditulis 1/12/VKK.
    4. Pada dokumen transaksi 3 yaitu pada pengisian kolom comment pada artikel diisi sedangkan pada video tidak diisi.
    5. Pada dokumen transaksi 1,2, dan 6 pada artikel berisi keterangan sedangkan pada video tidak berisi keterangan.
    6. Pada dokumen transaksi 14 yaitu pada pengisian kata "return" Pada artikel diisi kata return sedangkan pada video tidak diisi.
    7. Pada dokumen transakai 19 pada pengisian amount pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan di video berjumlah 120.000
    8. Pada dokumen transaksi 24 pada pengisian kolom comment pada artikel diisi sedangkan pada video tidak diisi.
    9. Pada dokumen transaksi 3,5,14, dan 24 pada artikel ditunjukkan nama perusahaan lengkap dengan alamat perusahaan sedangkan pada video yang ditunjukkan hanya nama perusahaan saja.
    10. Di video menggunakan ribuan sedangkan pada artikel tidak menggunakan ribuan melainkan jutaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, Learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus
  42. Nama : Ni putu trisnawati
    No absen : 32
    Kelas : XI Akkl 1
    Setelah saya mengamati artikel dan video, terdapat beberapa perbedaan yaitu :
    1. Periode akuntansinya, pada video menggunakan tahun 2017 sedangkan pada artikel menggunakan tahun 2011.
    2. Perbedaan pada satuan yang digunakan, pada video satuan yang digunakan adalah ribuan sedangkan pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan.
    3. Perbedaan pada setiap nomor faktur, misalnya pada dokumen satu di video nomor faktur yang digunakan adalah 1/12/VKK, sedangkan pada pada artikel nomor faktur yang digunakan adalah VKK12-01.
    4. Perbedaan pada kolom payee, pada artikel di kolom payee diisi nama yang menerima pembayaran sedangkan pada video tidak diisi. Contohnya pada transaksi kedua pembayaran pajak, pada artikel di kolom payee diisi dengan kas negara, sedangkan pada video tidak diisi.
    5. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan (CTRL + R) untuk mengecek kebenaran jurnal yang kita buat, sedangkan pada video hal tersebut tidak dianjurkan.
    6. Perbedaan pada memo, contohnya dokumen transaksi 2. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak sedangkan pada artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    7. Perbedaan pada dokumen transaksi 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel semua beban yang terdapat pada transaksi tersebut diisi sedangkan pada video tidak diisi semua beban yang harus dibayar.
    8. Perbedaan pada amount dibeberapa dokumen transaksi, contohnya dokumen transaksi 4 pada video berjumlah 275.000 sedangkan pada artikel berjumlah 235.000. Dan pada dokumen transaksi 19 yaitu pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.
    9. Perbedaan pada transaksi penjualan yaitu pada artikel berisi nama perusahaan lengkap dengan alamatnya sedangkan pada video hanya ditampilkan nama perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, I will study and get ready, and perhaps my chance will come. – Abraham Lincoln.

      Hapus
  43. Nama : Ni putu trisnawati
    No absen : 32
    Kelas : XI Akkl 1
    Setelah saya mengamati artikel dan video, terdapat beberapa perbedaan yaitu :
    1. Periode akuntansinya, pada video menggunakan tahun 2017 sedangkan pada artikel menggunakan tahun 2011.
    2. Perbedaan pada satuan yang digunakan, pada video satuan yang digunakan adalah ribuan sedangkan pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan.
    3. Perbedaan pada setiap nomor faktur, misalnya pada dokumen satu di video nomor faktur yang digunakan adalah 1/12/VKK, sedangkan pada pada artikel nomor faktur yang digunakan adalah VKK12-01.
    4. Perbedaan pada kolom payee, pada artikel di kolom payee diisi nama yang menerima pembayaran sedangkan pada video tidak diisi. Contohnya pada transaksi kedua pembayaran pajak, pada artikel di kolom payee diisi dengan kas negara, sedangkan pada video tidak diisi.
    5. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan (CTRL + R) untuk mengecek kebenaran jurnal yang kita buat, sedangkan pada video hal tersebut tidak dianjurkan.
    6. Perbedaan pada memo, contohnya dokumen transaksi 2. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak sedangkan pada artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    7. Perbedaan pada dokumen transaksi 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel semua beban yang terdapat pada transaksi tersebut diisi sedangkan pada video tidak diisi semua beban yang harus dibayar.
    8. Perbedaan pada amount dibeberapa dokumen transaksi, contohnya dokumen transaksi 4 pada video berjumlah 275.000 sedangkan pada artikel berjumlah 235.000. Dan pada dokumen transaksi 19 yaitu pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.
    9. Perbedaan pada transaksi penjualan yaitu pada artikel berisi nama perusahaan lengkap dengan alamatnya sedangkan pada video hanya ditampilkan nama perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  44. Nama: Komang Ayu Supraptininhsih
    Kelas: XI AKKL 1
    No: 11
    Perbedaan yang saya temui antara artikel dengan video yaitu:
    1. Pada artikel dinyatakan periode tahun 2011, sedangkan di video dinyatakan tahun 2017.
    2. Pada artikel penulisan bukti VKK12-01, sedangkan pada video penulisannya 1/12/VKK.
    3. Pada artikel penggunaan satuan nominal aku adalah jutaan, sedangkan di vedeo menggunakan satuan nominal ribuan.
    4. Pada artikel kolom payee berisi keterangan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan.
    5. Pada artikel disarankan untuk melakukan pengecekan pada jurnal dengan cara tekan tombol Ctrl+R, sedangkan di video tidak disarankan melainkan langsung mengklik Record.
    6. Pada artikel retur pembelian kredit kolom jurnal diisi tambahan kata Return, sedangkan pada video tidak diisi tambahan kata Return.
    7. Pada artikel dokumen 11 kolom invoice no diisi, sedangkan pada video tidak diisi
    8. Pada dokumen 19 jumlah amount berbeda dengan. Pada artikel jumlah amount 180.000, sedangkan pada video jumlah amount 120.000.
    9. Pada artikel transaksi penjualan ataupun pembelian lengkap berisi nama dan alamat perusahaan, sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, There is no elevator to success, you have to take the stairs.

      Hapus
  45. Ni Putu Eka Apriyanti
    28
    XI AKKl 1
    Perbedaan antara video dengan artikel
    1. Periode yang digunakan
    Video: periode yang digunakan adalah desember 2017
    Artikel: periode yang digunakan adalah desember 2011
    2. Satuan nominal yang digunakan
    Video: satuan nominal yang digunakan adalah ribuan
    Artikel : satuan nominal yang digunakan adalah jutaan
    3. Pengisian pada kolom payee
    Video: kolom payee tidak diisi keterangan apapun
    Artikel: diisi nama yang penerima uang contohnya alfa mart
    4. Cara mengisi cheque no berbeda
    Video : cara mengisi cheque no diisi garis miring contoh 3/12/VKK-04
    Artikel: cara mengisi cheque no diisi VKK-04
    5. Perbedaan jumlah akun yang ada di dokumen 6
    Video: pada dokumen 6 beban ditulis sekali
    Artikel: beban ditulis 3 kali sesuai dengan beban nya masing"
    6. Perbedaan pada ship to di transaksi penjualan dan pembelian
    Video: ship to di video hanya diisi nama perusahaannya contohnya: mekarsari restaurant
    Artikel: ship to diisi nama perusahaan beserta alamatnyaa
    Contoh: mekarsari restaurant Jl. Raya Bogor Km 29 No.72 Jakarta
    7. Invoice pada dokumen 11
    Video: pada video invoice tidak diisi
    Artikel: pada artikel diisi no PB-12-02
    8. Perbedaan di dokumen 14 dan 17
    Video: pada dokumen 14 dan 17 nomor id nya berisi disipr-12-99
    Artikel: pada artikel nomor idnya isi DT/14
    9. Dokumen ada yang tidak ditampilkan
    Video: pada video tidak ditampilkan yaitu dokumen 19 dan 21
    Artikel: pada artikel terdapat dokumen 19 dan 21
    10. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian
    Video: kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    artikel: kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi kata Return.
    11.jumlah balance pada dokumen 21
    video : balancenya menunjukan Rp. 2.590.065
    Artikel : balancenya menunjukkan Rp. 2.501.065.000,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, If you have courage to begin, you have courage to success.

      Hapus
  46. Nama : NI MADE AYU LIYOGA SARI
    No. : 26
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari pengamatan artikel yang saya baca dan video yang saya amati terdapat beberapa perbadaan sebagai berikut :
    1) pada artikel periode akuntansi yang digunaka yaitu per 31/12/2011 sedangkan pada video periode akuntansi yang digunakan per 31/12/2017.
    2) pada artikel kolom payee berisikan penerima uang sedangkan pada video di kolom payee tidak diisi.
    3) pada artikel dianjurkan untuk menggunakan (CTRL + R) untuk mengecek kebenaran dan menampilkan jurnal, sedangkan pada video tidak ditampilkan.
    4) kolom comment pada artikel dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer), sedangkan pada video kolom comment tidak diisi.
    5) pada artikel nominal yang tertera dalam bentuk jutaan, sedangkan pada video nominal yang digunakan dalam bentuk ribuan.
    6) pada dokumen 6 transaksi pengeluaran kas, pada artikel beban-beban dipisah dan terdapat keterangan di memo, sedangkan pada video akun pembayaran beban dijadikan satu.
    7) pada video tidak terdapat alamat perusahaan, sedangkan pada artikel berisi alamat perusahaan.
    8) perbedaan di setiap no bukti pada faktur, dan cara pengisian voucher.
    9) pada transaksi retur pembelian kredit dokumen 14, pada artikel di bagian jurnal memo berisi tambahan "RETURN", sedangkan pada video tidak berisi tambahan.
    10) pada dokumen transaksi no 19 terdapat perbedaan jumlah nominal, pada artikel nominal yang tertera sebesar 180.000 sedangkan pada video nominalnya sebesar 120.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, The more you that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.

      Hapus
  47. Nama. : Ni Kadek Ayu Sunarti
    No.absen:15
    Kelas. : XI AKKL 2

    Dari pengamatan mengenai artikel dan video yang sudah saya amati terdapat beberapa perbedaan yaitu sebagai berikut :
    1. Dapat dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansinya 1/12/2017.
    2. Dilihat dari artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel tertera bahwa kita harus menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    4. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja. Sekian perbedaan yang dapat saya analisis dari artikel dan video yang sudah sata amati. Terimaksih��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, If you are not willing to learn, no one can help you. If you are determined to learn, no one can stop you.

      Hapus
  48. Nama : Ni Komang Poppy Pratiwi
    No. Absen : 23
    Kelas : XI AKKL 2
    Menurut pengamatan saya mengenai artikel dan video yang ibu berikan, saya mendapat beberapa perbedaan sebagai berikut :
    1. Pada dokumen transaksi 5, di video kolom ship to berisi nama tokonya saja yaitu PT. Quadra Putra sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama toko beserta alamat tokonya yaitu PT. Quadra Putra Jl. Cempaka No. 6 Jakarta.
    2. Pada dokumen transaksi 1, di video cheque nomornya yaitu 1/12/VKK, sedangkan di artikel cheque nomornya yaitu VKK12-01.
    3. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01-12-2017 sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01-12-2011.
    4. Di artikel berisi keterangan pada kolom comment yang berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom payee tidak ada keterangan sedangkan di artikel kolom payee berisi keterangan Alfamart.
    6. Pada dokumen transaksi 14, di video kolom supplier inv tidak berisi suatu keterangan sedangkan di artikel kolom supplier inv berisi keterangan berupa IF-12-99.
    7. Di dokumen transaksi 3, di video pada kolom comment tidak berisi keterangan sedangkan di artikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321.
    8. Pada dokumen 6, pada artikel beban beban dirinci serta di memo berisi keterangan sedangkan pada video pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar.
    9. Pada saat return penjualan maupun pembelian, pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return sedangkan pada artikel kolom jurnal memo berisi kata tambahan Return.
    10. Pada dokumen transaksi 2, di artikel pada kolom memo keterangan adalah pelunasan SPT Massa bulan November 2011 sedangkan di video pada kolom memo keterangan adalah pembayaran pajak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  49. Nama : Ni Kadek Citrayani
    No : 15
    Kelas : XI AKKL 1

    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio terdapat perbedaan yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya yaitu 1/12/2011, sedangkan pada youtobe periode akuntansinya adalah 1/12/2017.

    2. Dilihat diartikel, satuan yang digunakan adalah jutaan disetiap nominal akunnya, sedangkan di youtobe tersebut menggunakan satuan ribuan disetiap nominalnya.

    3. Dilihat diartikel berisi keterangan pada kolom comment yang berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan sedangkan pada vidio tidak isi keterangan pada kolom comment yang seharusnya isi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.

    4. Dilihat artikel kita ditunjukkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal dan untuk mengecek apakah sudah benar, sedangkan divideo tidak ada bagian ini.

    5. Dilihat Pada transaksi pengeluaran kas, yang terdapat pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee itu tidak diisi padahal kolom itu berisi nama toko dan alamat kita saat membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee sudah diisi.

    6. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian pada artikel kolom jurnal memo di isi kata Return sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak diisi kata Return.

    7. Dilihat pada YouTube Ship to pada pembelian kredit tidak diisi alamat perusahaan tetaoi diartikel berisi alamat perusahaan lengkap.

    8. Pada artikel no4 total amountnya berbeda dengan yang ada diartikel 235.000 namun yang ada diYouTube 275.000.

    9.Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap karena berisi nama perusahaan, dan alamatnya sedangkan pada youtobe hanya berisi nama perusahaannya saja.

    10. Pada artike di perintahkan untuk record tetapi ada beberapa transaksi yang ada di YouTube tidak di record tapi langsung di cancel.

    11. Dilihat Pada retur penjualan kredit yang ada di YouTube tidak diisi amount applied tetapi di artikel berisi amount applied.

    12. Pada artikel transaksi no 23 yang di YouTube terdapat beda tanda pada nominal dimana berisi tanda (-) tetapi pada artikel berisi tanda ().


    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus
  50. Nama : Anak Agung Istri Indah di
    Nomor : 03
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari analisa yang saya lakukan pada artikel dan video yang ada pada YouTube saya dapat menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan
    4. Pada artikel kita dianjurkan agar menekan CTRL+R untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur
    6.Pada dokumen transaksi 1, di video Cheque Nomornya adalah 1/12/VKK, sedangkan di artikel Cheque Nomornya adalah VKK12-01.
    7.Pada dokumen transaksi nomor 6 yaitu jurnal pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada videonya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    9. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan beserta alamatnya. Sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaannya saja.
    10. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, If you have courage to begin, you have courage to success.

      Hapus
  51. Nama : A.A Istri Anom Julyanti
    No :02
    kelas : XI AKKL 2
    Perbedaannya
    1.cheque account berbeda, di artikel : VKK12-01 dan sedangkan video cheque account nya 1/2/VKK
    2.Datenya berbeda di artikel :01/12/2011 sedangkan video datenya : 1/2/2017
    3. Amountnya berbeda di artikel amountnya 150.000 Sedangkan video 150
    4.tidak berisikan memo jika di artikel berisi kopi,gula, teh sedangkan video tidak ada.
    5.pada dok 2,no faktunya berbeda, saat pembayaran pajak di artikel berisikan seharusnya Ctrl R Terlebih dahulu untuk menampilkan jurnal tapi di video tidak di tampilkan.
    6.pada dok 3 saat ingin memilih item di artikel :klik tombol layout tetapi di video tidak di tampilkan.
    7.dok 3, di artikel kita memilih taxnya lagi sedangkan di video sudah otomatis terisi, di artikel terdapat comment sedangkan di video tidak ada dan di artikel seharusnya di ctrl R terlebih dahulu untuk mengecek jurnal dan kebenarnya sedangkan di video tidak.
    8.dok 4 , cheque no nya berbeda artikel VKK12-02 sedangkan video 2/12/VKK, datenya berbeda di artikel 06/12/2011 sedangkan video 06/12/2017,amount yang berbeda di artikel : 235.000 sedangkan video : 235, di artikel seharusnya berisikan payee (toko sederhana) tapi di video tidak ada, di artikel di Ctrl R terlebih dahulu tetapi di video langsung di record.
    9.Dok 5, purchase id berbeda, artikel : MK-12-99 sedangkan video :PB-12-01, date yang berbeda artikel :12/12/2011 sedangkan video : 05/12/2017, di artikel di tax kodenya VAT sedangkan video N-T otomatis, di artikel berisikan comment sedangkan video tidak, di artikel berisikan ctrl R untuk mengecek jurnal sedangkan video tidak.
    10. dok 23, cheque berbeda artikel : CD-12-06 sedangkan video : 6/12/CDV, datwle yang berbeda artiekl :30/12/2011 video : 30/11/2017 memo yang berbeda artikel : pelunasan cicilan tahun 1 video : pelunasan cicilan tahun berpertama, amount yang berbeda artikel : 110.200.000 video : 110.200, amount di tabel tidak perlu di ketik di video sedangkan artikel di ketik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, You learn something every day if you pay attention.

      Hapus
  52. Ni Komang Ayu Rosita Dewi
    23/11 AKKL 1


    Perbedaan yang saya temui antara video dengan artikel
    1. Periode yang digunakan, dari segi periode,( pada video periode yang digunakan adalah desember 2017 SEDANGKAN pada artikel periode yang digunakan adalah desember 2011)

    2. Pengisian pada kolom payee ( pada video kolom payee tidak diisi keterangan apapun, dan penerimanya kurang jelas SEDANGKAN pada artikel diisi nama yang penerima uang dengan jelas)

    3. Cara mengisi cheque "No" berbeda, antara video dan artikel (cheque no pada video diisi garis miring , misalnya 3/12/VKK-04 SEDANGKAN cheque no pada artikel tidak berisi keterangan tanggal dan tanda miring misalnya VKK-04)

    4. Perbedaan pada ship to di transaksi penjualan dan pembelian
    Video: ship to pada video hanya diisi nama perusahaannya saja misalnya : mekarsari restaurant
    Artikel: ship to pada artikel diisi nama perusahaan beserta alamatnyaa
    Misalnya : mekarsari restaurant Jl. Raya Bogor Km 29 No.72 Jakarta

    5. Pengisian Invoice pada dokumen nomor 11( pada pengisian invoice di video tidak diisi SEDANGKAN pada pengisian artikel diartikel diisi no PB-12-02)

    6. Dokumen ada yang tidak ditampilkan (pada video tidak ditampilkan yaitu dokumen 19 dan 21 SEDANGKAN pada artikel terdapat dokumen 19 dan 21
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian (pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return. SEDANGKAN pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi kata Return)

    8.jumlah balance yabg ada pada dokumen 21 (pada video balancenya menunjukan Rp. 2.590.065 SEDANGKAN pada artikel balancenya menunjukkan Rp. 2.501.065.000,)

    9. Satuan nominal yang digunakan (satuan nominal yang digunakan pada video adalah ribuan SEDANGKAN satuan nominal yang digunakan pada artikel adalah jutaan)

    10. Pada transaksi nomor 24 pada video saat melakukan record muncul data " Myob has detected that this Supplier does not have an ABN recorded in the Card file. It is recommended that a " No ABN/TFN" type tax code of 46% be applied to the lines of this purchase order. Would you like to change the tax code use? Dan pada video mengklik pilihan No , sedangkan pada artikel tidak berisi

    11. Pengklik an tombol record (Pada artikel, setelah mengklik tombol Record, kemudian menunjukkan Print Later, SEDANGKAN pada video, setelah mengklik tombol Record tidak ada menu/pilihan Print Later.)

    12. Dari jumlah amount (pada jumlah amount pada dokuken 19 yaitu Pada artikel kolom amount berjumlah 180.000, SEDANGKAN pada video kolom amount berjumlah 120)

    13. Perbedaan dari segi penulisan ID ( contohnya yaitu pada dokumen 9 pada artikel penulisan ID-nya adalah CR-12-01 SEDANGKAN pada video penulisan ID-nya adalah 1/12/CRV)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, Keep running though haunted by fatigue, keep learning despite being approached by boredom, because the things we do for sure there will always be obstacles that hinder.

      Hapus


  53. Nama:Ni Kadek Ratna Jayanti
    Absen:18
    Kelas:xl akkl ll
    Setelah saya mencermati video dan artikel tersebut,saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1.pada dokumen transaksi 1,di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan,sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.

    2.pada dokumen transaksi 1,di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkandi artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.

    3.pada dokumen transaksi 5,di video kolom ship to berisi nama tokonya yaitu PT QUADRA PUTRA,sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl.Cempaka No.6 Jakarta.

    4.pada dokumen transaksi 14,di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.

    5.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    6.pada dokumen transaksi 20,terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance 2.362.225.000,sedangkan pada video jumlah balancenya 2.442.225.000.

    7.pada dokumen transaksi 21,di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065,sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, Study while others are sleeping; work while others are loafing; prepare while others are playing; and dream while others are wishing. – William Arthus Ward.

      Hapus
  54. Nama : I Dewa Gede Mahatara
    No Absen : 02
    Kelas: XI AKKL 1
    Beberapa perbedaan yang saya temukan pada video di YouTube dan pada artikel yang diberikan adalah:

    1. No cek yang diketik pada video yakni: 1/12/VKK sedangkan pada artikel diketahui diketik VKK12-1.

    2. Pada kolom Payee di video tidak diketik penerima uang sedangkan pada artikel diisi dengan penerima uang suatu perusahaan.

    3. Pada video di YouTube kolom memo tidak diketik secara lengkap isi memo tersebut sedangkan pada artikel, kolom memo diisi keterangan dengan lengkap.

    4. Pada video di YouTube periode akuntansinya di lengkapi dengan periode 31/12/2017 sedangkan pada artikel, periode akuntansinya dilengkapi dengan periode 31/12/2011.

    5. Pada video di YouTube satuan nominal yang digunakan adalah dalam ribuan rupiah sedangkan pada artikel adalah dalam jutaan.

    6. Pada saat pengetikan nama perusahaan di video tidak diketik secara jelas dan lengkap sedangkan pada artikel, ditulis nama perusahaan dengan jelas dan lengkap serta alamt perusahaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  55. Nama: Ni Komang Trisnayanti
    No. : 22
    Kelas : XI BKM
    Sesuai yang apa saya amati dalam artikel maupun video yang telah diberikan, saya mendapatkan beberapa perbedaan-perbedaan dari dalam artikel dan video tersebut.
    Berikut perbedaan yang saya dapatkan dari artikel dan video tersebut yaitu:
    1). Pada artikel periodenya adalah 01/12/2011 sedangkan divideo tersebut berperiode 01/12/2017
    2). Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuannominalnya adalah ribuan.
    3). Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    4). Pada artikel didokumen 3 diartikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321 tetapi pada video tidak berisi
    5). Pada artikel di dokumen 6 memo terdapat/terisi keterangannya sedangkan pada video tidak terdapat/terisi.
    6). Pada artikel terdapat perintah untuk menekan CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal tetapi pada video kita tidak terdapat perintah untyk menekan CTRL+R tersebut.
    7). Pada artikel dokumen 19,jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya Rp.180.000,00 sedangkan pada video jumlahnya Rp.120.000,00
    8). Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam videokaterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, It is what we know already that often prevents us from learning.

      Hapus
  56. Nama : I Dewa Ayu Agung Oka Pradnyani
    No : 04
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain :
    1. Apabila kita dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya adalah 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan atau mengecek kebenaran jurnalnya , sedangkan pada video jurnal yang sudah kita buat langsung di record
    4. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    6. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    7. Pada saat terjadi retur penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    8. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    9. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja.
    10. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, The capacity to learn is a gift, the ability to learn is a skill, the willingness to learn is a choice.

      Hapus
  57. Nama : I Komang Yoga Pandhy Widhyastana
    No : 10
    Klas : XI AKKL2
    Setela saya mengamati antara artikel dengan video tersebut, ada beberapa perbedaan yang dapat saya ambil yaitu :
    1. Periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansinya 1/12/2017.
    2. Perbedaan dokumen1 pengeluaran kas adalah: perbedaan terletak pada bagian cheque account jika di video 1/2/VKK sedangkan pada artikel VKK12-01. 
    3. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    4. Pada dokumen 1, di dalam video, kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    5. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    6. Pada artikel Berisi keterangan pada kolom comment yang dimana bersikan nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam video tidak ada keterangan.
    7.Perbedaan dokumen 2 pembayaran pajak, pada bagian cheque number jika di video berisi 1/12/CDV sedangkan pada artikel berisi Cd-12-01. 
    8. Terletak perbedaan pada peyee jika di video tidak berisi. sedangkan pada bagian artikel berisi kas negara.
    9. Pada kolom memo di video keterangannya adalah pembayaran pajak, sedangkan di artikel pada kolom memo keterangannya adalah pelunasan SPT Massa bulan November 2011.
    10. Jika dalam artikel kita dianjurkan untuk menampilkan jurnal dahulu untuk mengecek kebenarannya ( CTRL + R), sedangkan dalam video bagian ini tidak di isikan.
    11. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci.
    12. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    13. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan dari customer atau supplier tidak lengkap hanya berisi nama perusahaan saja, sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap baik nama, maupun alamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  58. Nama: Ni Komang Desi Arisanti
    No. : 17
    Kelas : XI BKM
    Sesuai yang apa saya amati dalam artikel maupun video yang telah diberikan, saya mendapatkan beberapa perbedaan-perbedaan dari dalam artikel dan video tersebut.
    Berikut perbedaan yang saya dapatkan dari artikel dan videonya yaitu:
    1). Pada artikel periodenya adalah 01/12/2011 sedangkan divideo tersebut berperiode 01/12/2017
    2). Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.
    3). Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    4). Pada artikel didokumen 3 diartikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321 tetapi pada video tidak berisi.
    5). Pada artikel di dokumen 6 memo terdapat/terisi keterangannya sedangkan pada video tidak terdapat/terisi.
    6). Pada artikel terdapat perintah untuk menekan CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal tetapi pada video kita tidak terdapat perintah untuk menekan CTRL+R tersebut.
    7). Pada artikel dokumen 19,jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya Rp.180.000,00 sedangkan pada video jumlahnya Rp.120.000,00
    8)Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .

    BalasHapus
  59. Nama : Ni Ketut Pebriantari
    No. Absen : 21
    Kelas : XI AKKL 1
    Perbedaan yang saya dapat dari artikel dan video adalah:
    1. Pada periode yang di gunakan, pada artikel terdapat periode 1/12/2011, sedangkan pada video periodenya adalah 1/12/2017.
    2. Nominal yang digunakan pada artikel nomilanya menggunakan jutaan sedangkan pada video nomilanya menggunakan ribuan.
    3. Pada transaksi 1, pada artikel cheque no nya VKK12-01, sedangkan pada video 1/12/VKK
    4. Pada transaksi 1 peyee yang di artikel terdapat Alfamart, sedangkan di video tidak ada.
    5. Pada transaksi 1 pada artikel memonya tertulis jelas sedangkan di video itu tidak di jelaskan.
    6. Pada artikel ada penjelasan bahwa jika ingin mengecek kebenarannya kita bisa menekan CTRL + R, sedangkan pada video itu tidak dijelaskan.
    7. Pada transaksi 6 pada artikel beban bebannya dirinci dan payee nya ada keterangan nya sedangkan di video semua Beben dijadikan satu dan pada kolom payee tidak berisi keterangan.
    8. Pada transaksi no 13, terdapat perbedaan pad memo, pada artikel memonya tertulis pembelian material 30 lembar, sedangkan pada video memonya pembelian keperluan dapur
    9. Pada transaksi 19, pada artikel tertera amount = 180.000 sedangkan pada video tertera 120.000.
    10.Pada transaksi 20. Terdapat perbedaan pada balance, pada artikel jumlah balance 2.362.225.000 sedangkan pada video jumlah balance nya 2.442.225.000
    11. Pada transaksi 21, jumalh balance pada artikel sebesar 2.510.065, sedangkan di video sebesar 2.590.065
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Two thumbs up, If you are not willing to learn, no one can help you. If you are determined to learn, no one can stop you.

      Hapus

  60. Nama : I komang suartana
    No : 08
    Kls : XI BKM
    Perbedaan yang trletak pada artikel dan vidio tersebut adalah sebagai berikut :
    1.Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada dokumen transaksi kedua Pembayaran pajak, pada artikel payee diisi dengan Kas Negara, sedangkan dalam video tidak diisi. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak, sedangkan dalam artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    3. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    4.Pada artikel dimana kita di sarankan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada video bagian tersebut tidak diisikan.
    5.Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    6. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada YouTube pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    7.pada artikel transaksi pembelian maupun penjualan sudah lengkap berisi nama perusahaan dan alamatnya namun pada video hanya berisi nama perusahaan saja
    8. Pada dokumen 19, amountnya berbeda pada artikel 180.000 namun di video 120.000
    9.pada transaksi pengeluaran kas, di menu spend money pada artikel kolom payee ini sudah terisi sedangkan pada video kolom payee tidak diisi
    10. Terdapat Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher di artikel maupun pada vidio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awesome, Learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus
  61. Nama : Ni Putu Suryawati
    No : 33
    Kls : XI.BKM

    Perbedaan yang saya temui pada artikel dengan video tersebut adalah :
    1. Pada transaksi 1 perbedaan dari periode yang digunakan dimana pada artikel menggunakan 1/12/2011, sedangkan di video menggunakan 1/12/2017.

    2. Adanya perbedaan penulisan no transaksi pada artikel dokumen no 5 penulisan dokumen transaksi adalah MK-12-99 sedangkan pada vedeo penulisan dokumen transaksinya adalah PB-12-01.

    3. Perbedaan dalam menggunakan Ctrl + R pada artikel disarankan untuk mengecek jurnal terlebih dahulu menggunakan Ctrl+R sebelum merecord transaksi,sedangkan di video transaksi tidak di cek jurnalnya terlebih dahulu.

    4. Perbedaan pada memo tambahan pada artikel memo tambahan diisi untuk keterangan yang lebih rinci dari transaksi,sedangkan di video memo pada tabel kosong atau tidak di isi.

    5. Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.

    6. Kolom comment pada bukti transaksi ke 3 di artikel dijelaskan bahwa kolom comment ini di gunakan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan pelanggan kepada pelanggan sedangkan di video kolom comment kosong atau tidak di isi apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, It’s gonna get harder before it get easier. But, it will get better, you just got to make it through the hard stuff.

      Hapus
  62. Nama : Ni Luh Putu Oktafiani Ariati
    No : 24
    Kelas : XI BKM

    Setelah menonton video di YouTube dan artikel yang ibu berikan, saya menemukan beberapa perbedaan diantara keduanya, yaitu :

    1. Periode pada transaksi.
    Di dalam artikel, periode yang digunakan adalah tahun 2011, sedangkan pada video, periode yang digunakan adalah tahun 2017. Contohnya pada bukti transaksi 1, dimana pada artikel tertulis tanggal transaksinya adalah 01/12/2011, tetapi pada video tanggal transaksinya adalah 01/12/2017.

    2. Kolom Payee.
    Pada artikel, kolom Payee diisi dengan nama instansi atau orang yang menerima pembayaran. Tetapi pada video, kolom Payee tidak diisi. Contohnya pada bukti transaksi no 1 dan 2.

    3. Memo tambahan.
    Pada artikel, memo tambahan diisi sebagai keterangan yang lebih rinci dari transaksi yang terjadi. Tetapi pada video, kolom memo pada tabel tidak terisi.

    4. Ctrl + R.
    Dalam artikel, di sarankan untuk melakukan Ctrl + R (mengecek jurnal) terlebih dahulu sebelum me record transaksi tersebut. Tetapi pada video, transaksi tidak di cek jurnalnya atau Ctrl + R terlebih dahulu, langsung di record.

    5. Nomor cek.
    Ada beberapa transaksi pada artikel dan video yang memiliki perbedaan penulisan no cek. Contohnya pada bukti transaksi ke 5, di artikel nomor cek nya adalah MK-12-99, Tetapi di video nomor cek nya adalah PB-12-01.

    6. Nominal uang.
    Pada bukti transaksi ke 6, di artikel ditulis bahwa amount nya adalah sebesar Rp. 16.935.000,00. Tetapi pada video, amount ditulis dengan nominal Rp. 16.935,00.

    7. Perincian pembayaran.
    Pada bukti transaksi ke 6, di artikel akun expense payable ada 3 dengan perincian yang berbeda-beda. Tetapi pada video, akun expense payable hanya 1 tanpa berisi memo tambahan sebagai perincian.

    8. Kelengkapan data customer maupun supplier.
    Contohnya pada bukti transaksi ke 11, pada kolom "Ship To", berisi nama customer beserta alamatnya. Tetapi pada video, kolom "Ship To" hanya berisi nama customer.

    9. Return.
    Contohnya dokumen transaksi ke 14, di artikel pada kolom journal memo ditambahkan kata "RETURN" agar jurnal tersebut lebih jelas menunjukkan retur pembelian kredit. Tetapi pada video, kolom journal memo tidak diisi "RETURN".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awesome, Study while others are sleeping; work while others are loafing; prepare while others are playing; and dream while others are wishing. – William Arthus Ward.

      Hapus
  63. Nama:Ni komang mita pusanti
    No:19
    Kelas: XI BKM
    Sesuai yang saya amati dalam artikel maupun video yang telah diberikan, saya mendapatkan beberapa perbedaan yaitu:
    1. Pada artikel periodenya adalah 01/12/11 sedangkan divideo periodenya 01/12/17
    2. Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan video menggunakan satuan nominal ribuan
    3. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan voucher
    4. Pada artikel didokumen 3 di artikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321 sedangkan pada video tidak isi
    5. Pada artikel didokumen 6 memo terdapat keterangannya sedangkan di video tidak terisi
    6. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjukan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaannya lengkap
    7. Pada artikel terdapat perintah untuk menekan CTRL+R untuk mengecek kebenaran jurnal sedangkan pada video tidak ada perintah untuk menemukan CTRL+R
    8. Nominal uang pada bukti transaksi ke 6 di artikel ditulis bahwa amountnya adalah sebesar Rp. 16.935.000,00 sedangkan pada video amountnya ditulis dengan nominal Rp. 16.935.00
    *Terima kasih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  64. Nama : Ni Nym Ayu Triana Dewi
    No : 27
    Kelas : XI BKM

    Perbedaan yang saya temukan di video dan artikel adalah
    1. Periode dari siklus yang berbeda, pada artikel periode akuntansi nya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Di dokumen transaksi ertama pengeluaran kas/bank ada perbedaan, yang pertama pada chequenodimana dalam artikel diisi dengan VKK12-01, sedangkan dalam video diisi 1/12/VKK.
    3. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    4. Pada dokumen 3 (penjualan kredit) pada artikel comment diisi nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer)sedangkan pada vidio tidak diisi.
    5. Pada artikel kita diberitahu untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita periksa sebelum di record, sedangkan pada video tidak berisi.
    6. Pada dokumen 6 transaksi pengeluaran kas di artikel beban-beban diurutkan dan di memo ada keterangan sedangkan pada video transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak diurutkan .
    7. Pada dokumen 7 transaksi pembayaran utang pebedaannya terletak pada bagian chequenumber jika di video berisi 3/12/CDV sedangkan pada artikel diisi CD/12/11.
    8. Pada dokumen 9 transaksi penerimaan pembayaran di video berisi 1/12/CRV sedangkan di artikel CR-12-01.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, When you can’t do something, this always impels you to study it. – Theodore Sturgeon.

      Hapus
  65. Nama :Ni Putu Trisnayanti
    Kelas :IX BKM
    No. :34

    Dari analisa yang saya lakukan pada artikel dan video saya dapat menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan
    4. Pada artikel kita dianjurkan agar menekan CTRL+R untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    6. Pada dokumen transaksi nomor 6 yaitu jurnal pengeluaran kas. Pada artikel beban² dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada videonya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada transaksi pengeluaran kas khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak diisi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel, kolom payee ini sudah diisi.
    9. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan beserta alamatnya. Sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaannya saja.
    10. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, There is no elevator to success, you have to take the stairs.

      Hapus
  66. Nama : Beta Fajar Maulana
    No. : 01
    Kelas. : XI BKM

    Setelah menonton video di YouTube dan artikel yang ibu berikan, saya menemukan beberapa perbedaan diantara keduanya, yaitu :
    1. Periode pada transaksi.
    Di dalam artikel, periode yang digunakan adalah tahun 2011, sedangkan pada video, periode yang digunakan adalah tahun 2017. Contohnya pada bukti transaksi 1, dimana pada artikel tertulis tanggal transaksinya adalah 01/12/2011, tetapi pada video tanggal transaksinya adalah 01/12/2017.
    2. Kolom Payee.
    Pada artikel, kolom Payee diisi dengan nama instansi atau orang yang menerima pembayaran. Tetapi pada video, kolom Payee tidak diisi. Contohnya pada bukti transaksi no 1 dan 2.
    3.Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada YouTube tidak berisi keterangan pada kolom comment
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita pereksa sebelum di record, sedangkan pada video tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada YouTube pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6.Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7.Pada artikel dokumen 19,jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya Rp.180.000,00 sedangkan pada video jumlahnya Rp.120.000,00
    8.Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Two thumbs up, A person who never made a mistake never tried anything new – Albert Enstein.

      Hapus
  67. Nama :luh ade rinayanti
    No :09
    Kls :XI BKM

    Pada transaksi 1 perbedaan dari periode yang digunakan dimana pada artikel menggunakan 1/12/2011, sedangkan di video menggunakan 1/12/2017.

    2. Adanya perbedaan penulisan no transaksi dokumen no 5 penulisan dokumen transaksi adalah MK-12-99 dan pada vedeo penulisan dokumen transaksinya adalah PB-12-01.
    3. Perbedaan dalam menggunakan Ctrl + R pada artikel disarankan untuk mengecek jurnal terlebih dahulu menggunakan Ctrl+R sebelum merecord transaksi.
    4. Perbedaan pada memo tambahan pada artikel memo tambahan diisi untuk keterangan yang lebih rinci dari transaksi,sedangkan di video memo pada tabel kosong atau tidak di isi.
    5. Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.
    6. Kolom comment pada bukti transaksi ke 3 di artikel dijelaskan bahwa kolom coment ini di gunakan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan pelanggan kepada pelanggan sedangkan di video kolom coment kosong atau tidak di isi apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus
  68. Nama : Ni Luh Putu Suastini
    No : 25
    Kelas : XI BKM

    Setelah mengamati antara artikel dan video tersebut saya menemukan beberapa perbedaan antara lain:

    1. Periode akuntansi pada artikel adalah 1/12/2011 sedangkan pada video periode akuntansinya adalah 1/12/2017.

    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan sedangkan pada video satuan yang digunakan adalah ribuan pada nominalnya.

    3. Nomor cheque pada artikel adalah VKK 12 -01 sedangkan pada video adalah 1/12/VKK.

    4. Kolom coment pada artikel berisikan nomor faktur pajak penjualan maupun pembelian sedangkan pada video tidak ada keterangan seperti itu.

    5. Kolom jurnal memo pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian pada artikel kata return diisikan sedangkan pada video tidak ada kata return.

    6. Pada artikel jumlah amount dan keterangan adalah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    7. Pada artikel terdapat perintah record sedangkan pada vide tidak ada perintah record melainkan langsung di cancel.

    8. Pada artikel kolom Payee diisi keterangan sedangkan dalam video tidak diisi keterangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awesome, If we believe that tomorrow will be better, we can bear hardship today. – Thich Naht Hanh.

      Hapus
  69. Nama: Ni Komang Saraswati
    No :21
    kelas : Xl bkm
    setelah saya mengamati vidio dan artikal yang di berikan saya menemukan beberapa perbedaan sebagai berikut
    [17/4 11.05] SS: 1). Pada artikel periodenya adalah 01/12/2011 sedangkan divideo tersebut berperiode 01/12/2017
    2). Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.
    3). Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    [17/4 11.06] SS: 4 Pada transaksi 19, pada artikel tertera amount = 180.000 sedangkan pada video tertera 120.000.
    5.Pada transaksi 20. Terdapat perbedaan pada balance, pada artikel jumlah balance 2.362.225.000 sedangkan pada video jumlah balance nya 2.442.225.000
    6. Pada transaksi 21, jumalh balance pada artikel sebesar 2.510.065, sedangkan di video sebesar 2.590.065
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus
  70. Nama : I Gusti Agung Ayu Bintang Rinjani
    No : 6
    Kelas : XI BKM

    Perbedaan yang telah saya temui pada Artikel dan Vidio tersebut yaitu sebagai berikut :


    1. Periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011 sedangkan pada vidio periode akuntansinya 1/12/2017

    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada vidio tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya

    3. Pada kolom comment dalam artikel berisi no faktur sedangkan pada vidio tidak berisi no faktur

    4. Dilihat dari total amount pada artikel no 4 berada dengan vidio 275.000 namun di artikel 235.000

    5. Pada saat return penjualan atau pembelian, pada artikel kolom jurnal memo berisi kata tambahan Return, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return

    6. Pada artikel di perintahlan untuk Record tapi hanya beberapa transaksi yang ada di vidio tidak di Record hanya langsung di cancel

    7. Pada artilel terdapat perintah untuk menekan CTRL + R untuk mengecek kebenaran jurnal sedangkan pada vidio todak trrdapat perintah menekan CTRL + R

    8. Pada artikel transaksi no 23 terdapat di Artikel berisi tanda () sedangkan di vidio terdapat tanda nominal tanda (-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.

      Hapus
  71. Nama : Ni Putu Alita Ari Kembang
    No. : 28
    Kelas. : XI BKM

    Setelah menonton video di YouTube dan artikel yang ibu berikan, saya menemukan beberapa perbedaan diantara keduanya, yaitu :
    1. Periode pada transaksi.
    Di dalam artikel, periode yang digunakan adalah tahun 2011, sedangkan pada video, periode yang digunakan adalah tahun 2017. Contohnya pada bukti transaksi 1, dimana pada artikel tertulis tanggal transaksinya adalah 01/12/2011, tetapi pada video tanggal transaksinya adalah 01/12/2017.
    2. Kolom Payee.
    Pada artikel, kolom Payee diisi dengan nama instansi atau orang yang menerima pembayaran. Tetapi pada video, kolom Payee tidak diisi. Contohnya pada bukti transaksi no 1 dan 2.
    3.Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada YouTube tidak berisi keterangan pada kolom comment
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita pereksa sebelum di record, sedangkan pada video tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada YouTube pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6.Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7.Pada artikel dokumen 19,jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya Rp.180.000,00 sedangkan pada video jumlahnya Rp.120.000,00
    8.Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, If you are not willing to learn, no one can help you. If you are determined to learn, no one can stop you.

      Hapus
  72. Nama : Ni Putu Riska Dewi
    No : 32
    Kelas : XI BKM
    Perbedaan yang dapat dilihat pada artikel dan video tersebut yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel dimana kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada video bagian tersebut tidak diisikan.
    3. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan ribuan
    4. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher divideo maupun diartikel
    5. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam artikel kolom jurnal memo, kata tambahan return diisikan, sedangkan dalam video kolom jurnal memo, tidak berisi kata tambahan return.
    6. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap berisi nama perusahaan beserta alamatnya. Sedangkan pada video hanya berisi nama perusahaannya saja.
    7. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    8. Pada kolom Payee di video tidak diketik penerima uang sedangkan pada artikel diisi dengan penerima uang suatu perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Two thumbs up, The capacity to learn is a gift, the ability to learn is a skill, the willingness to learn is a choice.

      Hapus
  73. Nama : I Dewa Ayu Sri Aprianti
    No : 04
    Kelas : XI BKM

    1. Di dalam artikel, periode yang digunakan adalah tahun 2011, sedangkan pada video, periode yang digunakan adalah tahun 2017. Contohnya pada bukti transaksi 1, dimana pada artikel tertulis tanggal transaksinya adalah 01/12/2011, tetapi pada video tanggal transaksinya adalah 01/12/2017.

    2. Pada dokumen 1 penulisan dokumen transaksi nya adalah VKK/12/1 untuk di artikel sedangan pada video penulisan transaksi nya adalah 1/12/VKK

    3. Di dokumen transaksi 1 di artikel ditambahkan memo yaitu gula,kopi dan teh sedangkan di video dikosongkan

    4. Amount yang ada di dokumen transaksi 1 vidio sebesar Rp.150,- sedangkan di artikel Rp.150.000,-jadi yang di Vidio menggunakan satuan ribuan sedangkan di artikel menggunakan jutaan

    5. Payee yang ada di dokumen transaksi 1 artikel berisi penerimaan uang alfa mart sedangkan di vidio di kosongkan

    6. Dalam artikel, di sarankan untuk melakukan Ctrl + R (mengecek jurnal) terlebih dahulu sebelum me record transaksi tersebut. Tetapi pada video, transaksi tidak di cek jurnalnya atau Ctrl + R terlebih dahulu, langsung di record.

    7. Pada artikel didokumen 3 diartikel pada kolom comment berisi keterangan yaitu 010.000.11.00000321 tetapi pada video tidak berisi.

    8. Pada dokumen transaksi ke 14, di artikel pada kolom journal memo ditambahkan kata "RETURN" agar jurnal tersebut lebih jelas menunjukkan retur pembelian kredit. Tetapi pada video, kolom journal memo tidak diisi "RETURN".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, The world is a university and everyone in it is a teacher. Make sure when you wake up in the morning you go to school.

      Hapus
  74. Nama : Cokorda Istri Trisya Pradnya Utami
    No : 02
    Kelas : XI BKM


    Dari menonton vidio di YouTube dan membaca artikel yang ibu berikan, saya mendapatkan beberapa perbedaan yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel kita dianjurkan agar menekan CTRL+R untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan
    4. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.
    5. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    6. Pada dokumen transaksi nomor 6 yaitu jurnal pengeluaran kas. Pada artikel beban² dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada videonya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

      Hapus
  75. Nama: Luh Mitha Sumayanti
    No: 10
    Kelas: XI BKM

    Setelah mengamati artikel dan video saya menemukan beberapa perbedaan yaitu:
    1. Pada transaksi 1 perbedaan dari periode yang digunakan dimana pada artikel menggunakan 1/12/2011, sedangkan di video menggunakan 1/12/2017.
    2.Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.
    3. Perbedaan dalam menggunakan Ctrl + R pada artikel disarankan untuk mengecek jurnal terlebih dahulu menggunakan Ctrl+R sebelum merecord transaksi,sedangkan di video transaksi tidak di cek jurnalnya terlebih dahulu.
    4.Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan return berisi, sedangkan pada video kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan return.
    5.Adanya perbedaan penulisan no transaksi pada artikel dokumen no 5 penulisan dokumen transaksi adalah MK-12-99 sedangkan pada vedeo penulisan dokumen transaksinya adalah PB-12-01.
    6. Kolom comment pada bukti transaksi ke 3 di artikel dijelaskan bahwa kolom comment ini di gunakan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan pelanggan kepada pelanggan sedangkan di video kolom comment kosong atau tidak di isi apa-apa
    7.Jumlah balance yang ada pada dokumen 21 pada artikel Rp 2.501.065.000, sedangkan pada video Rp 2.590.065

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, Keep running though haunted by fatigue, keep learning despite being approached by boredom, because the things we do for sure there will always be obstacles that hinder.

      Hapus
  76. Nama : I Gefe Pande Septiawan
    No: 05
    Kelas :XI BKM

    Beberapa perbedaan yang saya amati dan dapatkan antara pembelajaran di youtube dengan artikel di blog yaitu :
    1. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada youtube hanya berisi nama perusahaannya saja.
    2.Pada dokumen transaksi 1, di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkan di artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.
    3.Pada dokumen transaksi 1, di video Cheque Nomornya adalah 1/12/VKK, sedangkan di artikel Cheque Nomornya adalah VKK12-01.
    4. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada youtube tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    5. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    6. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    7.Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    8. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    9. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    10. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awesome, Determination today leads success tomorrow.

      Hapus
  77. Nama : Ni komang Elika wati
    Kls : XI BKM
    No : 18

    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain : 
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    4. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great, Push yourself to study because no one else can do it for you.

      Hapus
  78. Nama : I Kadek Sumawan
    No : 07
    Kelas : XI BKM

    Setelah saya menonton video dan membaca artikel yg ibu berikan, saya menemukan beberapa perbedaan, yaitu:

    1) Periode Akuntansi
    Periode akuntansi yang digunakan pada artikel yaitu 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi yang digunakan adalah 1/12/2017.

    2) Nominal
    Pada artikel, satuan nominal yang digunakan adalah jutaan, sedangkan pada video satuan nominal yang digunakan adalah ribuan.

    3) Kolom Paye
    Pada artikel, kolom paye pada dokumen 1 diisi dengan orang yang menerima pembayaran "alfa mart", sedangkan divideo, kolom paye pada dokumen 1 tidak diisi.

    4)Ctrl+R
    Pada artikel, diberitahukan untuk mengklik Ctrl+R terlebih dahulu sebelum merecord transaksi, sedangkan di video, langsung di record.

    5) Nomor Cek
    Pada artikel, no cek yang digunakan pada dokumen 5 adalah MK-12-99, sedangkan dalam video, no cek yang digunakan pada dokumen 5 adalah PB-12-01.

    6)Nominal Amount
    Pada artikel dokumen 19, nilai amountnya adalah 180.000, sedangkan dalam video, nilai amountnya pada dokumen 19 adalah 120.000.

    7) Pada artikel, transaksi pembelian ataupun penjualan sudah berisi lengkap nama perusahaan dan alamatnya, sedangkan dalam video hanya berisi nama perusahaannya saja.

    Terima kasih

    BalasHapus
  79. Nama : Ni Putu Ega Irmarini
    No : 29
    Kelas : XI BKM

    Perbedaan yang saya temui antara artikel dengan video, yaitu :

    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017

    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.

    3. Pada transaksi pengeluaran kas/bank terdapat perbedaan, pada cheque no di artikel ditulis vkk12-01, sedangkan di video ditulis 1/12/vkk.

    4. Pada kolom payee di transaksi pengeluaran kas/bank di artikel berisi alfa mart, sedangkan di video tidak berisi.

    5. dalam artikel disuruh menekan ctrl+R sebelum record transaksi, sedangkan di video tidak menekan ctrl+R langsung record transaksi.

    6. pada transaksi penjualan dan pembelian dalam artikel keterangan dari supplier dan customer lengkap, sedangkan di video hanya berisi nama perusahaan dari supplier dan customer.

    7. pada transaksi retur pembelian kredit kolom jounal memo berisi tambahan retur, pada artikel berisi tambahan retur dan sedangkan di video tidak berisi tambahan retur.

    8. Jumlah balance yang ada pada dokumen 21 pada artikel Rp 2.501.065.000, sedangkan pada video Rp 2.590.065

    9. Pada artikel no 4 total amountnya berbeda dengan yang ada diartikel 235.000, sedangkan di video 275.000.

    10. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, You learn something every day if you pay attention.

      Hapus
  80. Nama : Ni komang Elika wati
    Kls : XI BKM
    No : 18

    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain : 
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    4. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu.
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada vidio hanya berisi nama perusahaannya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Two thumbs up, The more you that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.

      Hapus
  81. Nama : Ni Kadek Supartini
    No. : 15
    Kelas. : XI BKM

    Setelah saya mengamati video dan artikel tersebut terdapat beberapa perbedaannya yaitu:

    1. Pada video transaksi 1 Date yang tercantum yaiti tanggal 1/12/2017 sedangkan, pada artikel transaksi 1 tanggal 1/12/2011
    2. Pada video transaksi 1 Cheque No menunjukkan VKK 12-01 Sedangkan di artikel 01/12/VVK
    3. Pada video transaksi 1 bagian payee tidak diisi keterangan, sedangkan di artikel terdapat keterangan yaitu Alfa Mart.
    4. Pada video transaksi 1, amount sebesar Rp 150,- sedangkan di artikel Rp 150.000- jadi pada video menggunakan satuan ribuan sedangkan pada artikel menggunakan jutaan.
    6. Pada video transaksi 1 dikosongkan, sedangkan pada artikel di tambahkan memo dengan keterangan gula, kopi, dan teh.
    7. Pada artikel transaksi 4 di kolom journal memo ditambahkan kata"RETURN" agar jurnal tersebut lebih jelas menunjukkan retur pembelian kredit. Sedangkan pada video pada kolom journal tidak diisi "RETURN".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Two thumbs up, It is what we know already that often prevents us from learning.

      Hapus
  82. Nama : Ni Putu Mitariantini
    No. : 30
    Kelas. : XI BKM

    Berdasarkan apa yang saya amati,a beberapa perbedaan yang dapat saya ambil yaitu :
    1. Pada periode dari siklus dapat dilihat bahwa pada artikel periode akuntansi nya yaitu 1/12/2011 sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017

    2. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan voucher

    3. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam video pada kolom journal memo, kata tambahan 'return' tidak diisi padahal sebaiknya harus diisi seperti yg terdapat di artikel

    4. Pada saat transaksi pengeluaran kas khususnya dokumen 6 dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan

    5. Saat pengeluaran kas khusunya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak terisi dimana seharusnya kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    6. Pada dokumen transaksi no 19 jumlah amount dan keterangan atau memonya berbeda antara video dengsn artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good job, Education is the most powerful weapon for changing the world.

      Hapus
  83. Nama:Ni Luh Subagiarti
    Nama: Ni Luh Subagiarti
    Kelas : 11 Bkm
    No :11
    Perbedaan yang saya temui antara artikel dengan video, yaitu :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel menggunakan periode 1/12/2011, sedangkan pada video periode yang digunakan adalah 1/12/2017

    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan rupiah pada nominal akunnya, sedangkan pada video tersebut menggunakan satuan ribuan rupiah pada nominalnya.

    3. Pada transaksi pengeluaran kas/bank terdapat perbedaan, pada cheque no di artikel ditulis vkk12-01, sedangkan di video ditulis 1/12/vkk.

    4. Pada kolom payee di transaksi pengeluaran kas/bank di artikel berisi alfa mart, sedangkan di video tidak berisi.

    5. dalam artikel disuruh menekan ctrl+R sebelum record transaksi, sedangkan di video tidak menekan ctrl+R langsung record transaksi.

    6. pada transaksi penjualan dan pembelian dalam artikel keterangan dari supplier dan customer lengkap, sedangkan di video hanya berisi nama perusahaan dari supplier dan customer.

    7. pada transaksi retur pembelian kredit kolom jounal memo berisi tambahan retur, pada artikel berisi tambahan retur dan sedangkan di video tidak berisi tambahan retur.

    8. Jumlah balance yang ada pada dokumen 21 pada artikel Rp 2.501.065.000, sedangkan pada video Rp 2.590.065

    9. Pada artikel no 4 total amountnya berbeda dengan yang ada diartikel 235.000, sedangkan di video 275.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perfect, If you have courage to begin, you have courage to success.

      Hapus
  84. Nama : Ni Kadek Sri Deviyanti
    No. : 14
    Kelas. : XI BKM

    Setelah mengamati artikel dan video tersebut, terdapat beberapa perbedaan antara lain:
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansinya adalah 1/12/2017
    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada video menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya
    3. Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan (Ctrl+R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan dalam video bagian ini tidak diisikan
    4. Pada dokumen transaksi 1, pada video kolom payee tidak berisi suatu keterangan, sedangkan pada artikel kolom payee berisi keterangan yaitu Alfa Mart
    5. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan voucher
    6. Pada dokumen 6 yaitu pengeluaran kas. Pada artikel beban beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada video memo tidak diisi dan semua beban yang harus dibayar dijadikan satu menjadi beban yang tidak dirinci
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money. Pada artikel kolom payee ini sudah terisi sedangkan kolom payee yang ada di video tidak diisi
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kata Return diisikan, sedangkan pada video tidak ada kata Return
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan memonya berbeda. Pada artikel jumlahnya Rp 180.000,00 sedangkan pada video jumlahnya Rp 120.000,00

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awesome, If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. – William Arthur Ward.

      Hapus
  85. Nama : Ni Kadek Ayu Artati
    No : 13
    Kelas: XI AKKL 1
    Setelah saya mengamati dan menganalisa antara artikel dengan video terdapat beberapa perbedaan antara lain :
    1. Dapat dilihat pada periode akuntansinya, dimana pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan dalam video periode akuntansinya 1/12/2017.
    2. Pada dokumen transaksi pertama pengeluaran kas/bank, terdapat beberapa perbedaan, yang pertama pada cheque no dimana dalam artikel diisi dengan VKK12-01, sedangkan dalam video diisi 1/12/VKK, Yang kedua Amount dimana pada artikel berjumlah 150.000 sedangkan dalam video diisi 150,00, Yang ketiga payee dimana dalam artikel diisi dengan Alfa Mart, Sedangkan dalam video tidak diisi.
    3. Pada dokumen transaksi kedua Pembayaran pajak, pada artikel payee diisi dengan Kas Negara, sedangkan dalam video tidak diisi. Pada video memo diisi dengan pembayaran pajak, sedangkan dalam artikel diisi dengan Pelunasan SPT masa bulan November 2011.
    4. Pada artikel Berisi keterangan pada kolom comment yang dimana bersikan nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam video tidak berisikan hal tersebut.
    5. Pada dokumen transaksi lima Pembelian kredit, dimana dalam artikel bagian Purchase# diisi dengan no faktur M-12-99, sedangkan pada video diisi dengan no faktur PB-12-01.
    6. Pada dokumen transaksi ke enam pengeluaran kas/bank dimana pada artikel beban-beban dirinci dan di payee berisi keterangan, Sedangkan pada video semua beban dijadikan satu dan payee tidak diisi.
    7. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam artikel kolom jurnal memo, kata tambahan return diisikan, sedangkan dalam video kolom jurnal memo, tidak berisi kata tambahan return.
    8. Pada dokumen transaksi sembilan belas Pengeluaran kas/bank, dimana amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda, Pada artikel tertera 180.000 sedangkan dalam video tertera 120.000
    9. Pada dokumen transaksi 21 Penerimaan pembayaran, dimana dalam video dan artikel jumlah balance berbeda, pada artikel sebesar Rp 2.510.065, sedangkan di video sebesar Rp 2.590.065.
    10. Pada artikel dimana kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R ) untuk menampilkan jurnal dan mengecek kebenaran dari jurnal yang dibuat, sedangkan pada video bagian tersebut tidak diisikan.

    BalasHapus
  86. Nama : I MADE GUNUNG ARYAWAN
    Kelas : XI AKKL 1
    No: 06
    Berdasarkan apa yang saya amati yang dapat saya ambil yaitu -Pada periode dari siklus dapat dilihat bahwa pada artikel periode akuntansi nya yaitu 1/12/2011
    -Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan
    -pembelian dalam video pada kolom journal memo, kata tambahan 'return' tidak diisi padahal sebaiknya harus diisi seperti yg terdapat di artikel
    -Pada saat transaksi pengeluaran kas khususnya dokumen 6 dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan
    -Saat pengeluaran kas khusunya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak terisi dimana seharusnya kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu dan pada artikel kolom ini sudah berisi

    BalasHapus
  87. Nama : Ni Kadek Ovy Pebryanti
    Kelas : XI BKM
    No : 13

    Dari video dan artikel yang sudah saya amati, saya menemukan beberapa perbedaan diantaranya :

    1. Periode akuntansi pada artikel adalah 1/12/2011 sedangkan pada video periode akuntansinya adalah 1/12/2017.

    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan sedangkan pada video satuan yang digunakan adalah ribuan pada nominalnya.

    3. Nomor cheque pada artikel adalah VKK 12 -01 sedangkan pada video adalah 1/12/VKK.

    4. Kolom coment pada artikel berisikan nomor faktur pajak penjualan maupun pembelian sedangkan pada video tidak ada keterangan seperti itu.

    5. Kolom jurnal memo pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian pada artikel kata return diisikan sedangkan pada video tidak ada kata return.

    6. Pada artikel jumlah amount dan keterangan adalah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    7. Pada artikel terdapat perintah record sedangkan pada vide tidak ada perintah record melainkan langsung di cancel.

    8. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .
    *Terima Kasih*

    BalasHapus
  88. Nama : Ni Luh Komang Santhi Purnama Sari
    No : 23
    Kelas : XI BKM
    Setelah saya mengamati video dan artikel tersebut terdapat beberapa perbedaan yang saya dapatkan, yaitu :
    1. Pada video transaksi 1 Date yang tercantum yaiti tanggal 1/12/2017 sedangkan, pada artikel transaksi 1 tanggal 1/12/2011
    2. Pada video transaksi 1 Cheque No menunjukkan VKK 12-01 Sedangkan di artikel 01/12/VVK
    3. Pada video transaksi 1 bagian payee tidak diisi keterangan, sedangkan di artikel terdapat keterangan yaitu Alfa Mart.
    4. Jumlah balance yang ada pada dokumen 21 pada artikel Rp 2.501.065.000, sedangkan pada video Rp 2.590.065
    5. Pada artikel no 4 total amountnya berbeda dengan yang ada diartikel 235.000, sedangkan di video 275.000.
    6. Pada dokumen nomor 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada video berjumlah 120.000
    7. Pada artikel, diberitahukan untuk mengklik Ctrl+R terlebih dahulu sebelum merecord transaksi, sedangkan di video, langsung di record.
    8. Pada artikel, no cek yang digunakan pada dokumen 5 adalah MK-12-99, sedangkan dalam video, no cek yang digunakan pada dokumen 5 adalah PB-12-01.
    9. Pada artikel dokumen 19, nilai amountnya adalah 180.000, sedangkan dalam video, nilai amountnya pada dokumen 19 adalah 120.000.
    10. Pada artikel, transaksi pembelian ataupun penjualan sudah berisi lengkap nama perusahaan dan alamatnya, sedangkan dalam video hanya berisi nama perusahaannya saja.

    BalasHapus
  89. Nama : Ni Putu Ika Septiani
    Kelas : XI AKKL 1
    No : 30

    Berdasarkan apa yang saya amati,ada beberapa perbedaan yang dapat di ambil yaitu :
    1. Pada periode dari siklus dapat dilihat bahwa pada artikel periode akuntansi nya yaitu 1/12/2011 sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017

    2. Perbedaan pada setiap nomor bukti pada faktur dan perbedaan cara penulisan voucher

    3. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian dalam video pada kolom journal memo, kata tambahan 'return' tidak diisi padahal sebaiknya harus diisi seperti yg terdapat di artikel

    4. Pada saat transaksi pengeluaran kas khususnya dokumen 6 dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan

    5. Saat pengeluaran kas khusunya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak terisi dimana seharusnya kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    6. Pada dokumen transaksi no 19 jumlah amount dan keterangan atau memonya berbeda antara video dengsn artikel.

    BalasHapus
  90. Nama:Ni Nengah Darmayanti
    No. : 26
    Kelas : Xl BKM

    Perbedaan yang ada pada video dengan artikel yaitu:
    1.periode yang digunakan pada video adalah desember 2017 sedangkan pada artikel periode yang digunakan adalah desember 2011.
    2.satuan nominal yang digunakan pada video adalah ribuan sedangkan satuan yang digunakan pada artikel adalah jutaan.
    3. Ada perbedaan jumlah akun yang ada di dokumen 6
    Pada video dokumen 6akun beban ditulis sekali sedangkan pada artikel akun beban ditulis 3 kali sesuai dengan bebannya masing-masing.
    4. Pada transaksi pengeluaran kas, pada menu spend money pada video kolom payee tidak diisi padahal pada kolom ini untuk membuat nama toko sedangkan pada artikel kolom payee sudah terisi.
    5. Pada dokumen 19 jumlah amount dan keterangan /memonya pun berbeda pada video berjumlah 120 000 sedangkan pada artikel berjumlah 180 000.
    6. Pada transaksi penjualan maupun pembelian pada video hanya tertera nama perusahaan sedangkan pada artikel sudah tertera nama perusahaan dan alamatnya.

    Sekian dari perbedaan yang dapat saya analisis dari artikel dan video yang sudah saya cermati. Terimakasih bu

    BalasHapus
  91. Nama : I Gusti Agung Indra
    No :06
    Kelas : XI AKKL 2
    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain :
    1. Dilihat dari periode akuntansunya, pada artikel periode akuntansi nya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan ribuan
    3. Di dalam video tidak ada keterangan pada kolom comment yang dimana memuat nomor faktur pajak baik dalam penjualan maupun pembelian, sedangkan dalam artikel memuat hal tersebut
    4. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher
    5. jika dalam artikel kita dianjurkan untuk menampilkan jurnal dahulu untuk mengecek kebenarannya ( CTRL + R), sedangkan dalam video bagian ini tidak di isikan.
    6. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, dalam video pada kolom journal memo, kata tambahan RETURN tidak diisikan, padahal seharusnya diisi seperti di artikel, untuk merinci transaksi.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas khususnya dok 6, dalam video memo tidak di isi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu, sedangkan pada artikel bebannya dirinci dan di memo berisi keterangan.
    8. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan dari customer atau supplier tidak lengkap hanya berisi nama perusahaan saja, sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap baik nama, maupun alamat.
    9. Pada saat pengeluaran khas, khusunya pada menu spend money, dalam video kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko tempat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    10. Pada dokumen transaksi no 19, jumlah amount dan keterangan/ memonya berbeda antara video dgn artikel.

    BalasHapus
  92. Nama : Ni Komang Ayu Trisna Dewi
    Kelas : XI BKM
    Absen : 16




    Setelah saya mencermati video dan artikel tersebut,saya menemukan beberapa perbedaan yaitu :
    1.pada dokumen transaksi 1,di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan,sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.

    2.pada dokumen transaksi 1,di video kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2017, sedangkandi artikel kolom date menunjukkan tanggal 01/12/2011.

    3.pada dokumen transaksi 5,di video kolom ship to berisi nama tokonya yaitu PT QUADRA PUTRA,sedangkan di artikel kolom ship to berisi nama dan alamat toko yaitu PT QUADRA PUTRA Jl.Cempaka No.6 Jakarta.

    4.pada dokumen transaksi 14,di video kolom journal memo keterangan yang disertakan tidak berisi kata Return, sedangkan di artikel kolom journal memo keterangan berisi kata Return.

    5.pada dokumen transaksi 19,jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan video berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000, sedangkan pada video berjumlah 120.000.

    6.pada dokumen transaksi 20,terdapat perbedaan pada balance yang dimana pada artikel jumlah dari balance 2.362.225.000,sedangkan pada video jumlah balancenya 2.442.225.000.

    7.pada dokumen transaksi 21,di video jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.590.065,sedangkan di artikel jumlah besar balance menunjukkan angka Rp 2.510.065.000.

    BalasHapus



  93. Nama : I Kadek Agus Leonardo
    No : 08
    Kelas : XI AKKL2

    Dari materi yang telah saya amati antara artikel maupun video tersebut ada perbedaan yang saya peroleh yaitu:
    1). Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada Videonya periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2). Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada nominal akunnya, sedangkan pada Video tersebut hanya menggunakan satuan dan ribuan di setiap nominalnya.
    3. Pada artikel yang berisi keterangan pada kolom koment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada video tidak berisi keterangan pada kolom koment
    4). Pada artikel kita diperintahkan untuk mengklik (CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita pereksa sebelum kita record, sedangkan pada video tidak terdapat penjelasan seperti itu.
    5). Perbedaan pada setiap nomor bukti faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    6). Pada transaksi pengeluaran kas, dimana pada menu spend money, pada artikel kolom payee ini sudah berisi sedangkan dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu.
    7). Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada YouTube kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    8). Pada dokumen ke-19, jumlah amount serta keterangan atau memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah Rp 180.000 sedangkan di video berjumlah Rp 120.000.
    9). Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisikan nama perusahaan serta alamatnya, sedangkan pada video hanya berisi tentang nama perusahaannya saja.
    Demikian yang mampu saya jelaskan, saya ucapkan terima kasih...

    BalasHapus
  94. Nama : Ni Kadek Ary Ning Wetty
    No : 12
    Kls : XI BKM

    Dari pengamatan saya antara artikel dengan vidio tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain sebagai berikut :
    1. Dilihat dari periode akuntansinya, pada artikel periode akuntansinya 1/12/2011, sedangkan pada youtobe periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Pada artikel, satuan yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunnya, sedangkan pada youtobe tersebut hanya menggunakan satuan ribuan pada setiap nominalnya.
    3. Pada artikel berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan, sedangkan pada vidio tidak memuat/berisi keterangan pada kolom comment yang dimana berisi nomor faktur pajak baik dalam pembelian maupun penjualan.
    4 Pada artikel kita dianjurkan untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnalnya dan untuk mengecek kebenarannya, sedangkan pada video bagian ini tidak berisi.
    5. Pada dokumen 6 yaitu transaksi pengeluaran kas. Pada artikel beban-beban dirinci dan di memo berisi keterangan, sedangkan pada vidionya pada transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak dirinci .
    6. Perbedaan pada setiap no bukti pada faktur, dan perbedaan cara penulisan voucher.
    7. Pada transaksi pengeluaran kas, khususnya pada menu spend money, dalam YouTube kolom payee tidak di isi padahal kolom ini memuat nama toko dan alamat kita membeli sesuatu, dan pada artikel kolom payee ini sudah berisi.
    8. Pada saat terjadi return penjualan maupun pembelian, pada artikel kolom jurnal memo kata tambahan Return berisi, sedangkan pada vidio kolom jurnal memo tidak berisi kata tambahan Return.
    9. Pada dokumen 19, jumlah amount dan keterangan/memonya pada artikel dengan vidio berbeda. Pada artikel berjumlah 180.000 sedangkan pada vidio berjumlah 120.000
    10. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, pada artikel sangat lengkap dikarenakan berisi nama perusahaan, alamatnya, sedangkan pada youtobe hanya berisi nama perusahaannya saja

    BalasHapus
  95. Nama : Cokorda Istri Ulan Widianadewi
    No : 03
    Kelas : XI BKM

    Perbedaan yang saya temukan di video dan artikel adalah
    1. Periode dari siklus yang berbeda, pada artikel periode akuntansi nya 1/12/2011, sedangkan pada video periode akuntansi nya adalah 1/12/2017.
    2. Di dokumen transaksi ertama pengeluaran kas/bank ada perbedaan, yang pertama pada chequenodimana dalam artikel diisi dengan VKK12-01, sedangkan dalam video diisi 1/12/VKK.
    3. Pada dokumen transaksi 1, di video kolom paye tidak berisi suatu keterangan, sedangkan di artikel kolom paye berisi keterangan yaitu Alfa Mart.
    4. Pada dokumen 3 (penjualan kredit) pada artikel comment diisi nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer)sedangkan pada vidio tidak diisi.
    5. Pada artikel kita diberitahu untuk menekan ( CTRL + R) untuk menampilkan jurnal yang akan kita periksa sebelum di record, sedangkan pada video tidak berisi.
    6. Pada dokumen 6 transaksi pengeluaran kas di artikel beban-beban diurutkan dan di memo ada keterangan sedangkan pada video transaksi tersebut memo tidak diisi semua beban yang harus dibayar dijadikan satu jadi beban tidak diurutkan .
    7. Pada dokumen 7 transaksi pembayaran utang pebedaannya terletak pada bagian chequenumber jika di video berisi 3/12/CDV sedangkan pada artikel diisi CD/12/11.
    8. Pada dokumen 9 transaksi penerimaan pembayaran di video berisi 1/12/CRV sedangkan di artikel CR-12-01.

    BalasHapus
  96. Nama : Ni Putu Nila Lestari
    No : 31
    Kls : XI AKKL2

    Perbedaan yang saya temui pada artikel dengan video tersebut adalah :
    1. Pada transaksi 1 perbedaan dari periode yang digunakan dimana pada artikel menggunakan 1/12/2011, sedangkan di video menggunakan 1/12/2017.

    2. Adanya perbedaan penulisan no transaksi pada artikel dokumen no 5 penulisan dokumen transaksi adalah MK-12-99 sedangkan pada vedeo penulisan dokumen transaksinya adalah PB-12-01.

    3. Perbedaan dalam menggunakan Ctrl + R pada artikel disarankan untuk mengecek jurnal terlebih dahulu menggunakan Ctrl+R sebelum merecord transaksi,sedangkan di video transaksi tidak di cek jurnalnya terlebih dahulu.

    4. Perbedaan pada memo tambahan pada artikel memo tambahan diisi untuk keterangan yang lebih rinci dari transaksi,sedangkan di video memo pada tabel kosong atau tidak di isi.

    5. Pada artikel satuan nominal yang digunakan adalah jutaan pada setiap nominal akunya, sedangkan pada video hanya menggunakan satuan nominalnya adalah ribuan.

    6. Kolom comment pada bukti transaksi ke 3 di artikel dijelaskan bahwa kolom comment ini di gunakan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan pelanggan kepada pelanggan sedangkan di video kolom comment kosong atau tidak di isi apa-apa.

    7. Pada transaksi penjualan maupun pembelian, dalam video keterangan yang ditunjungkan kurang lengkap sedangkan pada artikel perusahaan nya lengkap .

    BalasHapus

Posting Komentar