Mencatat Bukti Transaksi Bagian 1

MYOB Mencatat Bukti Transaksi Bagian 1

Pada artikel ini akan disajikan bagaimana langkah atau tahap memasukkan bukti transaksi selama bulan Desember 2011.


Dokumen 1 – Pengeluaran Kas/Bank
Transaksi ini dicatat dari modul Banking – Spend Money (Ctrl+H).
1. Accounts : pilih Petty Cash
2. Cheque Account : nomor voucher pengeluaran, ketik VKK12-01
3. Date : 01/12/2011 (01 Desember 2011), tekan spasi di keyboard akan ditampilkan kalender untuk memastikan tanggal yang benar.
4. Amount : 150.000 (ketik)
5. Payee : ketik penerima uang, Alfa Mart.
6. Memo : ketik keterangan atas transaksi tersebut.
7. Acct # : tekan enter, pilih akun yang sesuai
8. Amount : isikan angka setiap akun yang dibayarkan
9. Memo : ketik keterangan tambahan selain Memo yang diatas
10. Tekan Ctrl R : untuk menampilkan jurnal
11. Tekan tombol Record, untuk menyimpan transaksi tersebut.


Gambar 4.1 Banking – Spend Money 


Dokumen 2 – Pembayaran Pajak
Transaksi pembayaran pajak dicatat dari menu Banking – Spend Money.
1. Accounts : pilih 1-1101 (Cash In Bank)
2. Cheque No : ketik CD-12-01
3. Date : isikan tanggal 02 Des 2011
4. Amount : ketik 29.400.000,-
5. Payee : ketik Kas Negara
6. Memo : ketik keterangan atas transaksi tersebut.
7. Acct # : pilih akun yang sesuai
8. Amount : jumlah yang dibayar
9. Memo (table): ketik keterangan tambahan atas transaksi tsb
10. Ctrl R
11. Record.
                                    
Gambar 4.2 Banking – Spend Money 


Dokumen 3 – Penjualan Kredit
Transaksi ini dicatat melalui modul Sales – Enter Sales - Invoice.
1. Customer : pilih PT Jakarta International Hotel
2. Terms : klik anak panah putih, lalu isikan termin penjualan.
• Payment is Due : in a Given # of Days
• Balance Due Day : 30
• Klik OK.
3. Tax Inclusive : inaktifkan (jangan di contreng dengan meng-klik)
4. Invoice # : isikan nomor faktur (PB-12-01)
5. Date : isikan tanggal penjualan (05 Des 2011)
6. Layout : klik tombol layout untuk memilih model tampilan isian transaksi penjualan, pilih Item, lalu klik OK
7. Ship : ketik jumlah kuantitas barang yang dijual disetiap baris item.
8. Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang yang dijual. Description otomatis muncul nama barang yang dijual.
9. Price : ketik harga penjualan per unit barang
10. Tax : pilih kode Pajak PPN supaya dikenakan PPN 10%
11. Total; otomatis terisi
12. Comment : field ini dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak penjualan kepada pelanggan (customer)
13. Ctrl R : tekan kombinasi tombol Ctrl R di keyboard untuk melihat efek jurnalnya.
14. Record : tekan tombol Record untuk menyimpan transaksi.

Gambar 4.3 Sales – Enter Sales – Invoice – Item Layout

Dokumen 4 – Pengeluaran Kas/Bank
Transaksi ini dicatat dari modul Banking – Spend Money (Ctrl+H).
1. Accounts : pilih Petty Cash
2. Cheque Account : nomor voucher pengeluaran, ketik VKK12-02
3. Date : 06/12/2011 (06 Desember 2011), tekan spasi di keyboard akan ditampilkan kalender untuk memastikan tanggal yang benar.
4. Amount : 235.000 (ketik)
5. Payee : ketik penerima uang, Toko Sederhana
6. Memo : ketik keterangan atas transaksi tersebut.
7. Acct # : tekan enter, pilih akun yang sesuai
8. Amount : isikan angka setiap akun yang dibayarkan
9. Tekan Ctrl R : untuk menampilkan jurnal
10. Tekan tombol Record, untuk menyimpan transaksi tersebut.

                                                                            Gambar 4.4 Banking – Spend Money

Dokumen 5 – Pembelian Kredit
Transaksi ini dicatat melalui modul Purchases – Enter Purchases - Bill.
1. Supplier : pilih PT. Endah Indonesian Food
2. Terms : klik anak panah putih, lalu isikan termin pembelian.
• Payment is Due : in a Given # of Days
• Balance Due Day : 30
• Klik OK.
3. Tax Inclusive : inaktifkan (jangan di contreng dengan meng-klik)
4. Purchase # : isikan nomor faktur dari supplier (MK-12-99)
5. Date : isikan tanggal pembelian (12 Des 2011)
6. Layout : klik tombol layout untuk memilih model tampilan isian transaksi pembelian, pilih Item, lalu klik OK
7. Bill : ketik jumlah kuantitas barang yang dibeli disetiap baris item
8. Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang yang dibeli. Description otomatis muncul nama barang yang dibeli. Bisa di ganti sesuai keperluan.
9. Price : ketik harga pembelian per unit barang
10. Tax : pilih kode Pajak PPN supaya dikenakan PPN 10%
11. Comment : field ini dimanfaatkan untuk mencatat nomor faktur pajak pembelian dari supplier
12. Ctrl R : tekan kombinasi tombol Ctrl R di keyboard untuk melihat efek jurnalnya.
13. Record : tekan tombol Record untuk menyimpan transaksi.

   Gambar 4.5 Enter Purchases – Bill – Layout Item

Dokumen 6 – Pengeluaran Kas/Bank
Transaksi ini dicatat dari modul Banking – Spend Money (Ctrl+H).
1. Accounts : pilih Cash In Bank
2. Cheque Account : nomor voucher pengeluaran, ketik CD-12-02
3. Date : 08/12/2011 (08 Desember 2011),
4. Amount : 16.935.000 (ketik)
5. Payee : ketik penerima uang, General Affair
6. Memo : ketik keterangan atas transaksi tersebut.
7. Acct # : tekan enter, pilih akun yang sesuai
8. Amount : isikan angka setiap akun yang dibayarkan
9. Memo : ketik keterangan tambahan selain Memo yang diatas
10. Tekan Ctrl R : untuk menampilkan jurnal
11. Tekan tombol Record, untuk menyimpan transaksi tersebut.


Gambar 4.6 Banking – Spend Money 

Dokumen 7 – Pembayaran Utang
Jika terdapat potongan pembelian, maka potongan yang berlaku di transaksi pembelian prosedurnya sbb:
• Satu baris transaksi harus dibayar lunas, baru akun potongan dicatat oleh MYOB.
• Jika transaksi pembelian atas baris faktur yang dibayar tersebut sebelumnya dikenakan PPN, maka atas nilai diskon yang diisikan di kolom Discount, otomatis dihitung PPN oleh MYOB.
Sehubungan dengan dua syarat diatas, maka sebaiknya untuk isian diskon kita bisa isikan di isian discount (Pay Bills) tapi perlu diingat untuk memeriksa kembali jurnalnya apakah termasuk PPN atau tidak. Jika termasuk PPN, maka harus di edit atas jurnal potongan tersebut.
Transaksi ini dicatat melalui modul Purchases – Pay Bills.
1. Account : pilih Cash in Bank
2. Supplier : pilih PT. Foodnesia Industri
3. Memo : otomatis terisi
4. Cheque No : isikan nomor voucher (CD-12-03)
5. Date : isikan tanggal transaksi pembayaran (09 Des 2011)
6. Amount : isikan jumlah pembayaran = 75.000.000,- Discount : otomatis terisi (atau bisa diketik sendiri)
7. Amount Applied : isikan jumlah faktur yang dibayarkan lunas
8. Ctrl R : untuk melihat efek jurnal
9. Klik Record : untuk menyimpan transaksi. Pilih Print Later.

Gambar 4.7 Purchases – Pay Bills

Dokumen 8 – Pengeluaran Kas/Bank
Transaksi ini dicatat dari modul Banking – Spend Money (Ctrl+H).
1. Accounts : pilih Petty Cash
2. Cheque Account : nomor voucher pengeluaran, ketik VKK12-03
3. Date : 12/12/2011 (12 Desember 2011),
4. Amount : 400.000 (ketik)
5. Payee : ketik penerima uang, Mahardika Printing
6. Memo : ketik keterangan atas transaksi tersebut.
7. Acct # : tekan enter, pilih akun yang sesuai
8. Amount : isikan angka setiap akun yang dibayarkan
9. Tekan Ctrl R : untuk menampilkan jurnal
10. Tekan tombol Record, untuk menyimpan transaksi tersebut.

Gambar 4.8 Banking – Spend Money

Dokumen 9 – Penerimaan Pembayaran
Transaksi ini dicatat melalui modul Sales – Receive Payment (Ctrl B)
1. Deposit to Account : pilih 1-1101 (Cash in Bank)
2. Customer : pilih customer PT. Jakarta International Hotel
3. Amount Received : ketik 98.560.000
4. ID # : ketik CR-12-01
5. Date : isikan tanggal 13 Des 2011
6. Amount Applied : otomatis terisi (atau bisa diketik sendiri)
7. Ctrl R : untuk melihat Jurnal
8. Record. Print Later.

Gambar 4.9 Sales – Receive Payments

Dokumen 10 – Penerimaan Pembayaran
Transaksi ini dicatat melalui modul Sales – Receive Payment (Ctrl B)
1. Deposit to Account : pilih 1-1101 (Cash in Bank)
2. Customer : pilih customer Java Restaurant
3. Amount Received : ketik 125.000.000
4. ID # : ketik CR-12-02
5. Date : isikan tanggal 14 Des 2011
6. Amount Applied : otomatis terisi (atau bisa diketik sendiri)
7. Ctrl R : untuk melihat Jurnal
8. Record. Print Later.

Gambar 4.10 Sales – Receive Payments

Berlanjut ke Artikel berikutnya : Mencatat Bukti Transaksi Bagian 2

Komentar